in

Pengadilan Segera Bacakan Putusan Gugatan Baihaqi Vs Sekda Jateng

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang segera membacakan putusan atas gugatan seorang difabel netra Muhammad Baihaqi melawan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah.

Pada sidang sebelumnya, Majelis Hakim PTUN Semarang, Roni Erry Saputra menyatakan bahwa sidang putusan akan dilangsungkan pada Rabu (24/2/2021) mendatang.

Pada sidang Rabu (10/2/2021), Majelis Hakim memberikan kesempatan para pihak, baik penggugat maupun tergugat untuk menyampaikan kesimpulan. Agenda sidang kesimpulan dilakukan secara daring.

Kuasa hukum penggugat dari LBH Semarang, Eti Oktaviani menegaskan sampai saat ini pihaknya masih melakukan upaya-upaya, baik litigasi maupun non litigasi.

“Kami harus optimistis, selain upaya litigas kasus ini perlu diviralkan dan dikampanyekan,” tutur Eti, Senin (15/2/2021).

Baihaqi merupakan seorang tunanetra yang salah satu matanya masih bisa berfungsi seperti biasa. Dia adalah sarjana pendidikan matematika dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Pada 2019 lalu, ia mendaftar sebagai guru matematika di SMAN 1 Randublatung melalui seleksi CPNS atau CASN. Baihaqi berhasil meraih nilai tertinggi pada Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Formasi Khusus Difabel.

Namun, Pj Sekda Jateng selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS menganggap Baihaqi tidak memenuhi syarat, di mana formasi khusus penyandang disabilitas yang ia lamar hanya boleh diisi oleh difabel tunadaksa. (*)

 

editor: ricky fitriyanto