in

Pemkot Bakal Uji Coba Car Free Night di Kota Lama Semarang

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pemkot Semarang bakal memberlakukan malam bebas kendaraan atau Car Free Night di Kota Lama. Uji coba akan dilakukan mulai Jumat (11/10/2019) malam besok.

“Uji coba car free night mulai Jumat besok. Pemberlakukan sementara di malam libur dan malam-malam tanggal merah,” ujar Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam vlog Youtube-nya, Kamis (10/10/2019).

Menurut Hendi, uji coba itu sebagai persiapan untuk pemberlakuan Car Free Night pada akhir Januari 2020 mendatang. “Jadi di Januari insyaallah semua sudah kami berlakukan setiap hari,” jelasnya.

Hasil uji coba ini, lanjut Hendi, akan dilakukan evaluasi. Apabila terdapat titik-titik yang membuat situasi tidak nyaman, akan segera diperbaiki oleh Pemkot Semarang.

Pihaknya akan mengelola agar masyarakat dapat menikmati keindahan kawasan tersebut. Di sisi lain, suasana akan lebih nyaman dan udara di sekitar kawasan tersebut akan jauh lebih bersih.

“Kami akan atur sedemikian rupa agar masyarakat bisa melakukan aktivitas dengan jalan kaki atau sepeda. Sehingga lebih nyaman dan udara pasti jauh lebih bersih,” tegas Hendi.

Kabid Pengendalian dan Penertiban Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Danang Kurniawan menambahkan, pihaknya telah menyiapkan beberapa kantong parkir bagi para pengunjung.

Antara lain di gedung PT Damri di Jalan Mpu Tantular, lahan milik PTPN di Jalan Merak, kantong parkir belakang DMZ di Jalan Branjangan, dan depan Kantor Pos.

Selain itu, tepi Jalan Sendowo dan Jalan Kedasih juga dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk memarkirkan kendaraan.

“Rekayasa lalu lintas, yang pengendara dari arah timur bisa lewat simpang Sayangan kemudian ke Bubakan lalu Jalan Agus Salim, sedangkan pengendara dari arah barat tetap bisa melewati Tawang,” pungkas Danang. (*)

editor : ricky fitriyanto

Baihaqi Annizar