in

Car Free Night di Kota Lama, Wisatawan Desak Pemkot Tegas dengan Parkir Liar

SEMARANG (jatengtoday.com) – Wisatawan di Kawasan Kota Lama Semarang menyambut positif uji coba Car Free Night di sepanjang Jalan Letjen Suprapto, Jumat (11/10/2019) malam.

Afan Yunanto (20) warga Mijen, Kota Semarang mengaku senang karena penataan Kota Lama sudah lebih baik dari beberapa bulan lalu. Apalagi saat ini sudah diberlakukan bebas kendaraan bermotor.

“Ya mendukung (car free night) pokoknya. Kalau biasanya kan banyak motor sama mobil yang lewat, malah kadang macet. Kalau nggak macet ya lajunya kenceng banget, kan berbahaya,” jelas Afan.

Menurut dia, kebijakan di Kota Lama Semarang saat ini berpihak pada pejalan kaki. “Bisa sekalian mengurangi polusi udara,” tegasnya.

Ali H (26) warga Blora yang kini berdomisili di Kota Semarang juga mengatakan hal serupa. Dikatakannya, Kota Lama semakin tertata dan tidak semrawut dengan kebijakan car free night.

Selain itu, dia juga mengaku tidak masalah dengan jarak parkir yang lebih jauh daripada biasanya. “Nggak apa-apa jauh sedikit, malah bisa jalan-jalan, lebih sehat,” ungkap Ali.

Namun, ia juga berharap agar Pemkot Semarang bisa lebih tegas dalam pengawasan juru parkir. “Soalnya kalau nggak diawasi kan banyak parkir liar yang kadang tarifnya tinggi banget,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan, malam ini merupakan uji coba perdana pemberlakuan car free night. Uji coba akan kembali dilakukan Sabtu malam besok dan di setiap malam hari libur.

Menurut Hendi, uji coba itu sebagai persiapan untuk pemberlakuan Car Free Night pada akhir Januari 2020 mendatang.

Hasil uji coba ini, lanjut Hendi, akan dilakukan evaluasi. “Apabila terdapat titik-titik yang membuat situasi tidak nyaman, akan segera diperbaiki oleh Pemkot Semarang,” katanya. (*)

editor : ricky fitriyanto

Baihaqi Annizar