in

Pantai Indah Layur, Embrio Wisata Baru di Rembang yang Suguhkan Pemandangan Gunung dan Laut

Selain dibangun gazebo, Pantai Indah Layur juga dilengkapi kursi malas berbahan kayu, dan di sebelahnya ditancapkan payung besar.

Suasana Pantai Indah Layur, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. (istimewa)

REMBANG (jatengtoday.com) – Menikmati keindahan laut dan gunung dalam satu tempat. Bisa juga bermain air dan pasir pantai.

Itulah gambaran keindahan Pantai Indah Layur. Sebuah embiro wista baru di Desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang.

Pantai Indah Layur tidak jauh dari Pantai Caruban yang selama ini sudah banyak dikunjungi wisatawan.

Jika Pantai Caruban berada di wilayah barat desa, Pantai Indah Layur terletak di wilayah timur, berbatasan dengan Desa Dasun.

Pantai yang baru dirilis oleh Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’ beberapa hari lalu, kini sudah banyak orang yang berkunjung di pantai ini.

Dari kedatangan wisatawan itu, belasan orang pedagang di sana, yang merupakan warga sekitar telah memetik hasilnya.

Kuliner di Sekitar Pantai

Warga setempat, Nor Rohman yang kini membuka lapak di pantai tersebut, menyampaikan sejumlah kuliner dijual di sekitar pantai, seperti pecel, lontong tahu, dan minuman.

Ke depann, dia juga akan menjual makanan berbahan dasar ikan, seperti anjuran dari pemkab untuk membantu dalam menekan angka stunting.

“Rencana, nanti semua masyarakat Layur akan ada jualan hasil laut, misale ikan panggang, rajungan, dan ikan asin, dan hasil laut lainnya,” jelasnya, Selasa (21/6/2022).

Ketua I Pengelola Pantai Indah Layur Wephi Asprilicho mengaku berupaya membuat konsep yang berbeda dengan Pantai Caruban.

Selain membangun gazebo, juga menyediakan kursi malas berbahan kayu, dan di sebelahnya ditancapkan payung besar. Dia juga memanfaatkan limbah kayu yang dicat putih dan ditempatkan di taman.

Turnamen Voli Pantai

Selain itu, di Pantai Indah Layur juga telah digelar turnamen voli pantai, sehingga event ini dapat menjadi ajang untuk promosi atau memperkenalkan pantai yang baru dibuka ini.

Ditambahkan, dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan penataan warung, pembuatan spot-spot foto, dan pembenahan parkir. Khusus warung, akan ditata agar tidak menutup pemandangan pantai.

Lebih lanjut, Wephi menuturkan, Pantai Indah Layur akan dibuat berbeda dengan Pantai Caruban, sehingga dapat meningkatkan daya tarik.

Di pantai ini, memiliki jarak dari bibir pantai yang lebih panjang, yang akan dimanfaatkan untuk pembuatan wahana permainan anak-anak, termasuk akan dibangun kolam pemandian anak-anak.

“Rencana jangka panjangnya, parkir kita tempatkan di lokasi sebelum masuk kampung Layur. Untuk ke lokasi Pantai Indah Layur, pengunjung naik perahu melalui sungai, seperti susur sungai,” ungkapnya.

Kereta Wisata

Selanjutnya, ketika meninggalkan pantai menuju tempat parkir, wisatawan akan naik kereta wisata.

Nantinya, selama perjalanan menuju lokasi parkir, wisatawan bisa melihat tambak garam, tempat pemanggangan ikan.

“Nanti kalau perjalanan ke parkiran, wisatawan bisa saja melihat secara langsung cara pembuatan garam, proses pemanggangan ikan atau cara membuat jaring nelayan,” tandasnya.

Sebagai informasi, untuk menuju Pantai Indah Layur , dari pusat Kota Rembang sekitar 13 kilometer.

Jika dari gapura Desa Gedongmulyo yang ada di seberang jalan Kantor Polsek Lasem, ke utara kurang lebih tiga kilometer.

Biaya masuk ke PIL, cukup membayar parkir kendaraan saja, untuk sepeda motor Rp 2.000, sedangkan kendaraan roda empat, sebesar Rp 5.000. (*)

Ajie MH.