in ,

OPD Masih Cuek Memberikan Informasi Publik

SEMARANG – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Jateng dinilai masih cuek soal keterbukaan informasi publik. Komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jateng, Handoko Agung ,menjelaskan, hanya beberapa saja yang konsisten dan dianggap terbuka.

“Tapi itu sudah mengalami kemajuan karena tahun ini, Jateng menyabet peringkat dua nasional soal keterbukaan informasi publik, di bawah Kalimantan Barat. Sebelumnya peringkat 18,” jelasnya dalam Monitoring dan Evaluasi Badan Publik 2015-2017 di kantor KIP Jateng, Rabu (27/12/2017).

Dijelaskan, yang belum terbuka, rata-rata karena OPD baru yang dibentuk awal 2017 kemarin. Seperti Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kehutanan, dan lain sebagainya.

Wakil Ketua KIP Jateng, Nur Fuad menambahkan dari 41 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), 61 persen di antaranya memiliki tata kelola informasi yang baik. Rinciannya, 39 persen terhitung informatif dan 22 persen lainnya cukup informatif. “Sementara sisanya memang masih perlu ditingkatkan,” cetusnya.

Menyinggung pengelolaan website, Fuad mengungkapkan sebanyak 66 persen sudah interaktif dan baik. “Sebanyak 32 persen informatif dan 34 persen cukup informatif,” imbuhnya.

Pengelolaan informasi melalui website, imbuhnya, cukup mudah karena tidak membutuhkan banyak tenaga. Terpenting adalah konsisten dan memberikan informasi wajib berkala. (ajie mh)

Editor: Ismu Puruhito