in

Napi Lapas Semarang Adu Kecakapan dari Lomba Azan hingga Ceramah

SEMARANG (jatengtoday.com) – Tradisi Ramadan di Lapas Kelas I Semarang cukup meriah. Narapidana antarblok di lapas ini beradu kecakapan lewat lomba-lomba yang digelar.

Kepala Lapas Semarang Supriyanto mengatakan, ada beberapa lomba yang dihelat. Mulai dari lomba azan, murotal Al-Qur’an, asmaul husna, hingga lomba ceramah atau kultum.

“Lomba diikuti perwakilan napi dari masing-masing blok. Semua terlibat, baik napi kasus tipikor, kasus narkotika, ataupun napi pidana umum lainnya,” ujar Kalapas melalui Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan Andi Rahmanto, Selasa (4/5/2021).

Dia menerangkan, rangkaian lomba ini dilaksanakan secara bertahap dalam empat hari.

Kalapas berharap, dengan lomba-lomba ini para napi mampu meningkatkan ilmu agamanya sehingga menjadi pribadi lebih baik saat keluar dari penjara nantinya.

Pihak lapas mengedepankan kegiatan pembinaan untuk napi, khususnya dalam pembinaan keagamaan. “Kegiatan bersifat Islami dilakukan kepada para napi agar bisa meningkatkan kualitas keagamaan mereka,” tuturnya.

Para napi terlihat antusias mengikuti perlombaan ini. Mereka juga berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan sebagai ajang untuk menyalurkan bakat mereka. (*)

 

editor: ricky fitriyanto 

 

Baihaqi Annizar