in

Meski Pilpres Telah Usai, Relawan Projo Kota Semarang Terus Gelar Kegiatan Sosial

 

SEMARANG (jatengtoday.com) – Meski masa Pilpres telah usai dan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin sudah reami dilantik, Relawan Pro Jokowi (Projo) Kota Semarang berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan sosial.

Ketua DPC Projo Kota Semarang, Agus Suryo Winarto menegaskan, pihaknya memang ingin menjadikan perkumpulan ini sebagai wadah berkegiatan positif bertajuk Bakti Projo.

“Kami ingin keberadaan Projo Kota Semarang tak sebatas menjadi kendaraan politik, tetapi juga bisa memberi manfaat secara langsung untuk masyarakat,” jelas Agus di lokasi Pengobatan Gratis di Kelurahan Bubakan, Mijen, Kota Semarang, Minggu (3/11/2019).

Menurut Agus, sejak masa kampanye hingga sekarang, sudah ada ratusan kegiatan yang dilakukan Projo Kota Semarang.

Seperti pengobatan gratis, fogging kampung, jambanisasi, perbaikan gizi, bantuan penerangan jalan, bantuan gerobak dagang, serta berbagai pelatihan yang dilakukan secara berkelanjutan.

Salah satu tim pelaksana Bakti Projo, Nur Winto menjelaskan, kegiatan pengobatan gratis sudah dilakukan di lebih dari 30 titik berbeda di Kota Semarang. Kegiatan fogging juga demikian, dilakukan di puluhan tempat.

Mulai dari kelurahan di Kecamatan Semarang Timur, Genuk, Gajahmungkur, Gunungpati, Pedurungan, Mijen, Ngaliyan, Tugu, Tembalang, dan masih banyak yang lainnya.

“Biasanya gantian. Itu satu kelurahan bisa lebih dari satu titik. Misal ini di Mijen, pengobatan gratis langsung di tiga titik berbeda,” jelas Winto.

Jambanisasi sebagai program untuk turut mengkampanyekan hidup sehat juga dilakukan Projo Kota Semarang. “Jadi kalau ada yang kurang mampu, tempat MCK-nya masih memprihatinkan, kemudian kami bantu,” imbuhnya.

Adapun untuk bantuan penerangan jalan, sudah dilakukan pada kampung di daerah Pedurungan dan di Semarang Tengah. Kemudian untuk perbaikan gizi dilakukan di salah satu panti asuhan di Kota Semarang.

Lantas, untuk pelatihan, sampai sekarang masih ada tiga kegiatan yang berlangsung setiap satu minggu sekali di Rumah Popo, Kota Lama. Yakni pelatihan rias, pembuatan buket bunga, dan handycraft.

Selain itu, belum lama ini, berbarengan dengan agenda Pelantikan Jokowi-Amin, Projo Kota Semarang juga memberikan bantuan gerobak dagang secara gratis untuk para warga di sekitar Kota Lama Semarang. (*)

 

editor : ricky fitriyanto

 

Baihaqi Annizar