in

Meski PBDB Sudah Bersistem Zonasi, SMAN 3 Semarang Masih Diburu Siswa dari Jakarta hingga Kalimantan

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diberlakukan tahun ini, ternyata tidak terlalu berpengaruh pada SMAN 3 Semarang. Di sekolah favorit tersebut, masih didatangi calon siswa dari berbagai daerah, mulai Jakarta hingga Kalimantan.

Hal tersebut diungkapkan Comunication and Corporate Affairs SMAN 3 Arief Setyayoga saat ditemui di kantornya, Selasa (18/6/2019).

Menurutnya, meskipun pendaftaran PBDB baru dibuka pada 1 Juli 2019 secara online, tetapi saat ini sudah banyak calon siswa yang datang ke sekolah untuk menanyakan berbagai hal. Termasuk mengenai sistem penerimaan di luar zonasi yang sudah ditentukan.

“Kalau (PBDB) tahun ini kan memang lebih mengutamakan mereka yang dekat dari sekolah. Itu sudah ditentukan secara rinci kelurahan mana yang masuk zona kami. Prosentase jalur zonasi ini mencapai 90 persen,” jelasnya.

Di luar itu, kata Arief, bisa menggunakan dua jalur lain, yakni jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali. “Dua jalur ini masing-masing prosentasenya hanya 5 persen,” imbuhnya.

Sehingga, kalau ada siswa yang dari luar zonasi, pihaknya mengarahkan untuk mendaftar melalui jalur alternatifnya. Meskipun di sisi lain ia tetap mengimbau untuk jangan memaksakan kehendak.

“Kalau kemungkinan kecil, jangan maksa-maksa lah. Kasihan, karena tidak mungkin diterima. Mau tidak mau nanti mereka ya akan diarahkan di sekolah terdekat. Nanti kalau ujung-ujungnya malsu-malsu data, itu malah bahaya lagi,” saran Arief.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa PBDB tahun ini sistemnya serba online. Sehingga, pendaftar tidak harus datang ke sekolah yang dituju untuk melakukan verifikasi. Tapi cukup melakukannya di sekolah negeri terdekat.

“Tapi itu khusus untuk jalur zonasi. Kalau jalur prestasi sama jalur perpindahan memang harus datang ke lokasi yang dituju,” bebernya.

Arief juga menampik adanya isu terkait prioritas sekolah bagi calon siswa yang melakukan verifikasi tercepat. Menurutnya, masa verifikasi berlangsung selama 5 hari, maka tidak harus melakukannya semua di hari pertama.

SMAN 3 Semarang yang merupakan sekolah dengan tingkat kelulusan terbaik di Kota Semarang ini bakal menerima 408 peserta didik baru. Terdiri atas 10 rombel Jurusan IPA dan 2 rombel Jurusan IPS. (*)

editor : ricky fitriyanto