in

Mahasiswa PPG UPGRIS Ajari Siswa Membuat Tote Bag Ecoprint

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kreativitas siswa dalam memanfaatkan bahan alam.

Siswa SD bersama mahasiswa PPG Prajabatan UPGRIS menunjukkan totebag ecoprint yang mereka buat. (istimewa)
Siswa SD bersama mahasiswa PPG Prajabatan UPGRIS menunjukkan totebag ecoprint yang mereka buat. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Mahasiswa Program Pendidikan Guru Prajabatan (PPG) 2023 Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) mengajari siswa membuat tas jinjing ramah lingkungan.

Mahasiswa tersebut membantu siswa kelas V SD Islam Pesanggrahan Semarang untuk membuat tote bag ecoprint dengan teknik pounding pada 17 Februari 2024 lalu.

Antusiasme para siswa terlihat jelas selama kegiatan berlangsung. Selain mendengarkan seksama penjelasan teori, mereka mencoba praktik langsung teknik yang diajarkan.

Perwakilan mahasiswa tim pelaksana, Reza Tegar Rizqiana menjelaskan, ecoprint merupakan teknik pencetakan ramah lingkungan dengan bahan alami.

Teknik ini dipilih karena keunggulan ekologisnya dan memberikan kesempatan siswa untuk berkreasi serta mengembangkan keterampilan artistiknya.

Menurutnya, kegiatan pelatihan ini memang bertujuan meningkatkan kreativitas siswa dalam memanfaatkan bahan alam dan mengintegrasikan pendidikan lingkungan dan pengembangan kepemimpinan secara menarik.

“Kami ingin membantu meningkatkan kreativitas serta mengenalkan apa itu ecoprint agar anak-anak memiliki pengalaman baru yang menyenangkan,” ujar Reza.

Mahasiswa lain, Desy Erviana menambahkan, pelatihan “Peningkatan Kreativitas dan Keterampilan Pembuatan Tote Bag Ecoprint Teknik Pounding di SD Islam Pesanggarahan” ini merupakan kolaborasi positif antara mahasiswa dan sekolah.

Kegiatan semacam ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kolaborasi serupa di masa depan. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar