in

Liga 3 Jateng 2023 Tanpa Sponsor, Yoyok Sukawi Ungkap Alasannya

Liga 3 Jateng 2023 akan digulirkan mulai 5 November mendatang.

Ketum Asprov PSSI Jateng, Yoyok Sukawi. (istimewa)

SEMARANG – (jatengtoday.com) – Kompetisi Liga 3 Jawa Tengah 2023 dipastikan tanpa sponsor utama. Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jateng, Yoyok Sukawi mengungkapkan beberapa alasannya.

Asprov PSSI Jawa Tengah menggelar sosialisasi kepada calon peserta kompetisi Liga 3 Jateng 2023. Acara tersebut berlangsung di Hotel Candi Indah, Semarang pada Minggu (8/10/2023).

Dalam sosialisasi tersebut, Yoyok Sukawi menyampaikan beberapa hal di antaranya terkait keamanan dan bagaimana pelaksanaan kompetisi Liga 3 tahun ini.

“Terkait izin, kami sudah komunikasi dengan Polda Jawa Tengah. Namun, Polda meminta seperti Liga 1 dan 2 yakni stadion yang menggunakan penonton harus melakukan risk assessment sebagai persyaratan, kemudian juga sama dengan klub Liga 1 dan Liga 2 seluruh pertandingan tidak dapat dihadiri oleh tim tamu,” ujar Yoyok Sukawi.

Politisi Partai Demokrat itu juga mengungkapkan sulitnya menggaet sponsor. Berbeda dengan penyelenggaraan kompetisi tahun lalu yang berlabel Counterpain Liga 3 Jateng 2022, kali ini kompetisi kasta ketiga tersebut tidak punya sponsor utama.

Menurut Yoyok, para pengusaha masih menahan diri terkait situasi politik nasional. Selain itu juga ada kekhawatiran terulangnya Tragedi Kanjuruhan.

“Tahun ini adalah tahun politik sehingga cukup sulit mencari sponsor. Ada juga trauma soal Tragedi Kanjuruhan, tapi kemungkinan besar ya karena tahun politik,” ucap Yoyok.

Untuk itu, lanjutnya, Asprov dan klub-klub peserta sepakat untuk menanggung biaya bersama-sama agar kompetisi Liga 3 Jateng 2023 tetap bisa digelar.

“Kami juga berusaha menekan agar biaya kompetisinya tidak terlalu membebani tim, kemudian skema gruping pun kalo bisa yg sedaerah agar beban finansial tim tidak terlalu berat. Jika nantinya disepakati tahapan kompetisi nanti kami akan lanjutkan melalui edaran blue print,” lanjut Yoyok Sukawi.

Tak berhenti di situ, Yoyok Sukawi juga mengatakan bahwa pihaknya juga tengah berjuang supaya kompetisi Liga 3 putaran nasional dapat digelar di Jawa Tengah dengan alokasi tim berdasarkan jumlah peserta di tingkat provinsi.

Liga 3 Jateng 2023 akan digulirkan mulai 5 November mendatang. Pada edisi sebelumnya, Persip Pekalongan menjadi juara setelah menang 3-1 atas PSIK Klaten. (*)

 

Tri Wuryono