in

Lembah Nirwana, Wisata Baru Berpanorama Indah Dekat Candi Gedongsongo

SEMARANG (jatengtoday.com) – Ada destinasi wisata baru di perbatasan Kabupaten Semarang dan Kendal. Namanya Agrowisata Lembah Nirwana. Wisata berbasis alam ini menyuguhkan panorama pegunungan dengan berbagai fasilitas modern.

Lembah Nirwana menawarkan panorama pegunungan. (baihaqi/jatengtoday.com).

Pengelola Lembah Nirwana, Sri Titin Hartati menjelaskan, pembangunan wisata ini memang tak banyak mengubah konsep alam yang ada. Seperti kontur tanah, pemanfaatan tanaman hias, serta aneka bunga di lokasi.

Di bagian ujung juga terdapat beberapa gazebo dan gardu pandang untuk melihat keelokan jurang serta bukit yang dipenuhi pepohonan.

Sri Titin memaparkan, salah satu yang menjadi daya tarik adalah kolam renang. “Kita membuat kolam renang ini juga karena air di sini melimpah, langsung diambil dari mata air pegunungan Ungaran,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Untuk menambah kenyamanan wisatawan, pihak pengelola juga telah menyediakan homestay minimalis bagi yang hendak menginap. Namun, homestay ini tidak diperuntukkan bagi yang ingin berbulan madu.

“Kalau ingin menginap, minimal 3 orang. Kalau cuma 2 orang nggak boleh. Lagian bentuk ruangannya juga terbuka, jadi kaca jendelanya sengaja tidak dikasih gorden, biar tidak buat yang aneh-aneh,” ucapnya.

Tak sebatas itu, Lembah Nirwana juga menyediakan satu bangunan besar yang bisa untuk menggelar pertemuan. “Kalau mau arisan atau pertemuan yang sekalian jalan-jalan, bisa di sini,” ajaknya.

Pantauan di lokasi, meskipun saat ini masih dalam tahap penyempurnaan, Lembah Nirwana sudah dipenuhi wisatawan. Apalagi, lokasinya memang cukup strategis, tak jauh dari Wisata Bantir Hills, Taman Celosia, hingga Candi Gedongsongo.

Rahdian R (39), warga Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, mengaku penasaran dengan objek wisata tersebut. Dia sering lewat kawasan ini, tapi baru saja menyempatkan untuk mampir.

“Ini sama keluarga. Dari kemarin emang pengen banget kesini. Soalnya pas lewat, dari jalan kelihatannya bagus banget,” ujar Rahdian.

Hal senada juga dikatakan Lisa (35) yang datang bersama satu rombongan dari Ngaliyan, Kota Semarang. Menurutnya, rekan se-komunitasnya memang senantiasa memburu objek wisata baru di Jawa Tengah.

“Pokoknya kalau ada wisata baru, kami kunjungi. Kemarin kami dikabari salah satu teman,” ujarnya.

Lisa mengaku puas menghabiskan harinya di Lembah Nirwana. Apalagi tiket masuknya yang sangat terjangkau. “Murah banget tiketnya, cuma Rp 5.000,” tandasnya. (*)

editor : ricky fitriyanto