in

Kontingen Soina Jateng Incar 10 Emas di Pornas VIII Pekanbaru

SEMARANG (jatengtoday.com) – Setelah absen di Pornas VII lalu, atlet down syndrom yang tergabung dalam Special Olympic Indonesia (Soina) Jateng langsung mengincar 10 emas di Pornas VIII 2018 di Pekanbaru, Riau. Di atas kertas, target itu cukup realistis karena Soina Jateng punya banyak jam terbang di kejuaraan internasional. Salah satunya juara III cabang olahraga floorball di ajang Special Olympics World Winter Games 2017 di Graz, Austria.

Ketua Pengda Soina Jateng, Kristi Jani Kirana menjelaskan, pihaknya hanya menerjunkan 39 atlet untuk 7 cabor dari 12 cabor yang dipertandingkan. “Kami memang tidak ikut semua cabor. Hanya cabor-cabor yang berpotensi mendapat emas saja,” jelasnya saat pelepasan kontingan Soina Jateng di Puri Garden Semarang, Rabu (18/7).

Sementara itu, dalam sambutannya, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo berpesan kepada seluruh atlet untuk meledakkan semangat juara. Dia yakin, semua atlet mampu membawa nama harum Jateng di ranah olahraga nasional.

“Di Grobogan ada perempuan namanya Susanti. Dia memanjat cepat sekali, mengalahkan pemanjat tebing dari Rusia. Itu menggemparkan dunia. Maka sebenarnya banyak sekali yang bisa menggemparkan, termasuk kalian di Pekanbaru,” katanya menyemangati.

Orang nomor satu di Jateng ini juga meminta mereka aktif mengirimkan foto-foto saat mereka bertanding melalui whatsapps. Itu merupakan bagian dari perhatiannya kepada anak-anak berkebutuhan khusus. “Setiap kali tanding mereka memberikan info-info yang membanggakan. Ketika mereka dibalas, luar biasa mereka suka. Harapan kita pemerintah bisa mewujudkan bahwa mereka mendapat ruang, perhatian, dan kesempatan, sehingga bisa bertanding dengan baik dan kita bisa memberikan apresiasi,” terangnya.

Dia berharap ruang yang diberikan pemerintah kepada anak-anak berkebutuhan khusus, bisa menjadi media ekspresi mereka dan membentuk mereka menjadi anak-anak yang mandiri.

Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Effendi Hari Marsudi melaporkan, jumlah kontingen SOIna Jateng yang diberangkatkan ke Pekanbaru Riau sebanyak 53 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 14 pelatih dan 39 atlet.

Dari 12 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, lanjutnya, Jateng mengikuti sebanyak tujuh cabor. Yaitu, atletik, bocce, renang, sepakbola, futsal, tenis meja, dan bulutangkis. Para atlet yang mengikuti pertandingan sudah mengikuti pemusatan latihan di Kota Semarang pada 13-17 Juli lalu. (ajie mh)

Editor: Ismu Puruhito

Ajie MH.