in

Kompetisi Sepakbola Piala Menpora Segera Kick Off, Begini Persiapan PSIS

SEMARANG (jatengtoday.com) – Jagad sepakbola Indonesia mendapat angin segar. Pemerintah memutuskan mengeluarkan izin gelaran kompetisi, yakni Piala Menpora 2021.

Meski bukan kompetisi liga, Piala Menpora 2021 diharapkan mampu menjadi pengobat rindu para pecinta sepakbola nasional yang sudah hampir satu musim tidak bisa melihat klub favorit mereka bermain di lapangan.

Baca: Polri Izinkan Turnamen Pramusim Piala Menpora 2021

Sejumlah klub yang bakal meramaikan Piala Menpora 2021 pun mulai melakuan persiapan. Salah satunya PSIS Semarang.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi mengapresiasi Menpora Zainudin Amali yang telah memberikan kesempatan bagi klub sepakbola untuk kembali berlaga di tengah pandemi Covid-19.

Baca: Piala Dunia U-20 Ditunda, Perawatan Stadion Tanggung Jawab PUPR dan Pemda

Kompetisi sepakbola Piala Menpora 2021 ini bisa menjadi ajang pemanasan bagi klub-klub sebelum nantinya Liga Indonesia dimulai.

“Kami mengapresiasi kerja keras Pak Menpora yang berjuang dengan PSSI untuk mewujudkan kegatan di sepakbola,” ucapnya, Jumat (19/2/2021).

Baca: Liga 1 Belum Jelas, Gelandang PSIS Hijrah ke Liga Kroasia

Yoyok Sukawi melihat, tidak hanya PSIS saja yang menyambut baik Piala Menpora.

“Sepertinya teman-teman belum mulai latihan. PSIS Semarang juga belum tahu kapan mulai latihan. Tapi sudah ada persiapan,” jelasnya.

Baca: Dua Pemain Muda PSIS Semarang Dipanggil Ikut TC Timnas SEA Games

Mengenai rencana kick off Piala Menpora yang rencananya dimulai pada 25 Maret 2021, Yoyok Sukawi tidak menganggap jadwal bukan dadakan.

“Memang waktunya mepet, tapi tidak apa-apa. Lebih baik ada daripada tidak. Apalagi ini bisa jadi pramusim sebagai persiapan tim menuju liga,” bebernya.

Baca: PSIS Resmi Lepas Abanda Rahman ke Klub Timor Leste

Test Case Pertandingan Sepakbola

Anggota Komisi X DPR RI ini juga menilai, Piala Menpora 2021 ini bisa dimanfaatkan pihak kepolisian sebagai test case, bagaimana pertandingan sepakbola dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Karena itu, politisi Partai Demokrat ini mengimbau kepada semua stakeholder sepak bola untuk patuh terhadap aturan dari Polri pada pagelaran Piala Menpora 2021.

Baca: Soal Nasib Liga 1, Menpora pun Tak Tahu

“Ini artinya semua pihak juga harus tertib. Demi Liga 1, demi hiburan sepakbola yang telah dinanti jutaan orang dan demi berputarnya roda perekonomian di lingkup bola,” ujarnya.

Dikatakan, aturan protokol kesehatan menjadi suatu hal yang tidak bisa ditawar-menawar karena menyangkut kesehatan semua pegiat sepakbola.

Baca: Kemenpora Segera Susun Daftar Atlet untuk Vaksinasi Covid-19

Jika itu ditegakkan dan berjalan sebagaimana mestinya, Yoyok optimis Piala Menpora 2021 bisa berjalan sukses dan nantinya kompetisi Liga 1 2021 akan berjalan pada waktu yang telah ditentukan.

“PSSI dan PT LIB telah membuat aturan dan bahkan disimulasikan. Itu harus benar-benar dijalankan. Sekarang juga sudah ada antigen dan GeNose yang harganya lebih terjangkau dari PCR,” paparnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto