in

Kalah Lagi, PSIS Makin Jauh dari 5 Besar

Bagi PSIS Semarang, kekalahan itu menambah panjang puasa kemenangan menjadi lima laga berturut-turut.

Bek PSIS Semarang, Fredyan Wahyu Sugiantoro berebut bola dengan pemain Madura United, Novan Setya Sasongko pada laga pekan ke-29 BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri, Selasa (7/3/2023). (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang dipermalukan Madura United dengan skor 0-2 pada laga pekan ke-29 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri, Selasa (7/3/2023). Kekalahan tersebut membuat Mahesa Jenar semakin jauh dari posisi lima besar.

Menjamu Madura United, PSIS Semarang tidak bisa menurunkan tiga pemain andalan di lini serang. Carlos Fortes, Vitinho dan Hari Nur Yulianto harus menepi karena cedera.

Toh, tuan rumah masih bisa memberikan ancaman kepada Laskar Sapeh Kerrab. Salah satunya lewat sepakan Septian David Maulana di menit kedua yang masih mampu ditepis kiper Rendi Oscario. Dua menit kemudian percobaan Taisei Marukawa masih melambung di atas mistar.

Sementara, peluang pertama Madura United dikreasi oleh Lulinha di menit ke-12. Namun sepakannya digagalkan mistar gawang.

Hanya semenit berselang, tim tamu berhasil memimpin 1-0 melalui gol striker gaek, Alberto ‘Beto’ Goncalves. Pemain berdarah Brasil itu lepas dari perangkap offside setelah menerima umpan Cleberson dan tanpa kesulitan menaklukkan Aldhila Ray Redondo.

PSIS mencoba membalas melalui Ridho Syuhada di menit ke-16. Kali ini sepakannya tepat mengarah ke penjaga gawang. Sejumlah peluang dihasilkan kedua tim namun tidak ada tambahan gol hingga turun minum.

Selepas pergantian babak, PSIS beberapa kali berhasil membuat peluang berbahaya. Tapi percobaan Ridho Syuhada maupun pemain pengganti Damas Damar Jati dan Wawan Febrianto bisa dimentahkan Rendi Oscario.

Madura United justru bisa menambah gol saat injury time babak kedua. Lulinha mengirim umpan dari sayap kanan dan sukses ditanduk oleh Ricki Ariansyah.

Namun, pemain yang masuk menggantikan Dodi Alexvan Djin itu mengalami insiden horor akibat benturan keras dengan pemain PSIS. Ricki sempat tak sadarkan diri hingga memaksa ambulans dan tim medis masuk ke lapangan untuk memberikan pertolongan.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan Madura United. Hasil tersebut menyudahi tren negatif Beto Goncalves dkk yang belum pernah menang dalam empat laga sebelumnya.

Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius kecewa dengan hasil yang didapat timnya. Dia juga mendoakan agar pemain Madura United, Ricki Ariansyah tidak mengalami cedera serius.

“Tentu kami kecewa dengan kekalahan ini. Saya berharap pemain Madura tidak mengalami cedera serius dan bisa segera pulih,” tutur Agius seusai pertandingan.

Bagi PSIS Semarang, kekalahan itu menambah panjang puasa kemenangan menjadi lima laga berturut-turut. Sebelumnya Mahesa Jenar kalah 2-3 dari Bhayangkara FC dan tiga kali imbang melawan Persis Solo, Persikabo dan Persita Tangerang.

Fredyan Wahyu dkk belum beranjak dari peringkat 10 di klasemen BRI Liga 1 2022/2023 dengan poin 35. Mereka semakin jauh dari Borneo FC di peringkat kelima dengan 44 poin. (*)

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Aldhila Ray Redondo–Fredyan Wahyu Sugiantoro, Bayu Fiqri, Alfeandra Dewangga, Bahril Fahreza/Delfin Rumbino (46′); Ryo Fujii/Damas Damar Jati (68′), Ridho Syuhada/Wawan Febrianto (68′), Luthfi Kamal/Farel Arya (88′); Septian David Maulana, Rizky Dwi Pangestu, Taisei Marukawa
Madura United: Rendi Oscario–Dodi Alexvan Djin/Ricki Ariansyah (83′), Cleberson, Hasim Kipuw, Novan Setya Sasongko/Reva Adi Utama (27′); Lee Yoo-jun, Hugo Gomes, Zulfiandi/Esteban Vizcarra (83′); Malik Risaldi/Kwabena Appiah (72′), Beto Goncalves/Otavio Dutra (83′), Lulinha
(*)