in

Januardi dan Lugas Nakhoda Baru AJI Yogyakarta 2023–2026

Banyak tantangan yang harus dihadapi pekerja media terutama jurnalis. Baik kebebasan pers, kesejahteraan dan profesionalisme.

Ilustrasi.

YOGYAKARTA (jatengtoday.com) – Januardi Husin dan Lugas Subarkah ditetapkan sebagai Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta periode 2023–2026 dalam Konferensi Kota (Konferta) AJI Yogyakarta, pada Minggu (21/1/2023).

Keduanya meneruskan tampuk kepemimpinan dari pasangan Shinta Maharani (Majalah Tempo) dan Ahmad Mustaqim (Medcom.id) yang demisioner.

“Terima kasih kepada kawan-kawan yang mempercayakan tugas kepada saya dan Lugas untuk menahkodai AJI Yogyakarta tiga tahun ke depan,” kata Januardi.

Januardi, yang akrab disapa Juju, mengatakan bahwa ke depan banyak tantangan yang harus dijawab oleh para jurnalis di Yogyakarta. Salah satunya adalah tahun politik yang rentan menimbulkan masalah-masalah tentang kebebasan pers.

“Ada potensi politik identitas yang bisa menggerus demokrasi dan mengancam kelompok minoritas,” kata dia. `

Hal ini selaras dengan tema Konferta AJI Yogyakarta kali ini, yaitu “Merehabilitasi Jurnalisme di Tahun Politik”.

Juju saat ini menjadi editor di JPNN.com. Karier jurnalismenya diawali di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Arena, UIN Sunan Kalijaga. Setelah itu, ia sempat bekerja di Harian Jogja (2014–2015), Kabarkota.com (2015–2016) dan Law-Justice.co (2017–2021).

Karier pria asal Kalimantan ini di AJI bermula pada 2018 lalu, saat ia bergabung di divisi Advokasi AJI Jakarta. Ia lantas pindah ke Yogyakarta sejak 2022 dan langsung bergabung dengan anggota divisi Advokasi AJI Yogyakarta.

Sementara, Lugas juga mengatakan bahwa AJI akan semakin gencar memperjuangkan kebebasan pers, keberagaman dan kesejahteraan jurnalis. Pihaknya mengajak para jurnalis di Yogyakarta untuk memperkuat solidaritas dalam memperjuangkan kebebasan pers, meningkatkan profesionalisme jurnalis dan memperkuat sendi-sendi demokrasi.

“Tetap independen dan kritis terhadap pemerintah,” ujar Lugas.

Dalam resolusi organisasi, AJI Yogyakarta juga menyepakati beberapa poin yang mengacu pada Tri Panji AJI, yakni kebebasan pers, kesejahteraan dan profesionalisme jurnalis. Resolusi itu akan diejawantahkan dengan program-program yang dicanangkan AJI Yogyakarta.

Lugas pernah pula mengenyam pengalaman berorganisasi di LPM Arena. Lalu melanjutkan kerja-kerja jurnalistik di Harian Jogja sejak 2019. Kariernya di AJI Yogyakarta dimulai sejak 2021 lalu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *