in

Jangan Asal Beli, Kenali Dulu Empat Tipe Earphone dan Cara Kerjanya

Tipe earphone sebaiknya disesuaikan dengan bentuk telinga supaya memberikan hasil yang maksimal saat mendengarkan audio.

Model earphone sesuai bentuk telinga. (antara)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Mendengarkan musik, menonton film, sampai mengikuti rapat virtual terasa lebih nyaman ketika menggunakan earphone, supaya suara bisa terdengar lebih jelas.

Begitu banyak model earphone, mulai dari model konvensional menggunakan kabel sampai nirkabel, sering membuat konsumen bingung menentukan produk yang akan dibeli.

JBL, merk perangkat perangkat audio melalui siaran pers yang dikutip, Senin (30/5/2022), memberikan empat tipe earphone yang lazim ditemui pada true wireless stereo (TWS), earphone nirkabel. Tipe earphone sebaiknya disesuaikan dengan bentuk telinga supaya memberikan hasil yang maksimal saat mendengarkan audio.

1. Dot-closed

TWS berbentuk dot dan bagian ujung telinga (ear tip) berbahan silikon ini cocok untuk pengguna yang memiliki bentuk tragus telinga pendek dan daun telinga (concha) dalam.

Silikon pada ear tip perangkat bisa menyegel penuh lubang telinga sehingga akan membantu meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass. Earphone model ini cocok digunakan oleh orang yang suka beraktivitas sambil mendengarkan musik dengan suara bass yang kuat.

2. Stick-closed

Seperti model sebelumnya, earphone stick-closed ini memiliki bagian ujung telinga yang dilapisi silikon. Perbedaanya, earphone jenis ini memiliki cangkang dan gagang (stem) pendek agar TWS tidak mudah lepas saat dipakai.

Silikon pada ear tip akan menyegel lubang telinga secara penuh, meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass. Perangkat ini cocok untuk pemilik telinga dengan tragus berbentuk V solid dan daun telinga dangkal.

3. Stick-open

Tidak seperti dua model sebelumnya, ear tip pada model stick-open tidak menyegel penuh telinga. Pengguna akan masih bisa mendengar suara di sekitarnya.

Model ini cocok untuk pengguna yang memiliki telinga tragus V solid dan concha dangkal. Earphone stick-open biasanya memiliki cangkang dan gagang yang pendek.

4. Headphone on-ear dan over-ear

Model ini yang paling fleksibel diantara yang lainnya, semua orang relatif bisa menggunakan model ini terutama bagi mereka yang suka menggunakan earphone dalam waktu yang lama. Headphone on-ear dan over-ear bisa digunakan lama dan tidak membuat telinga sakit.

Headphone ini nyaman digunakan oleh berbagai bentuk telinga. Biasanya headphone on-ear dan over-ear memiliki suara bass yang dalam, mid yang jernih dan frekuensi yang diperluas. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *