in

Gubernur Minta Masyarakat Libatkan Dokter jika Adakan Acara

SEMARANG (jatengtoday.com) – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meminta masyarakat ikut ambil porsi dalam mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Salah satunya, menghindari kerumunan massa.

Selain itu, dia mengimbau agar masyarakat melibatkan dokter ketika menggelar acara yang melibatkan banyak orang. “Tadi ada yang mau camping, kami sampaikan harus ada dokter. Dicek dulu semua, kalau ada yang flu atau demam lebih baik langsung dipulangkan. Itu akan mengurangi risiko,” ucapnya, Jumat (13/3/2020).

Selain itu, dia juga berharap adanya partisipasi dari masyarakat untuk melapor. Jika ada keluhan atau pernah kontak dengan pasien yang dinyatakan positif untuk segera melakukan pemeriksaan.

Lebih lanjut, Gubernur juga meminta masyarakat tidak panik meski ada 1 pasien yang meninggal akibat corona, dan masih ada 1 pasien positif di RSUD dr Moewardi Surakarta.

“Sudah dinyatakan oleh WHO ini pandemi, artinya kita butuh gotong royong, kita butuh kerja sama dan kita butuh mengamankan diri kita bersama, tidak harus panik,” tandasnya.

Dia mengaku sudah menyiapkan langkah antisipasi pencegahan. Ia juga meminta masyarakat untuk turut serta melakukan pencegahan dari diri pribadi dan lingkungan. Seperti hidup bersih dan mengurangi kegiatan di kerumunan.

“Mulai hidup bersih, cuci tangan, dan juga kurangi dulu kegiatan yang bersifat kerumunan. Pastikan apakah itu mal, pasar, tempat ibadah, sekolah untuk menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun,” tegasnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.