in

Grand Candi Hotel dan Back-Ind Bersihkan 2,2 Ton Sampah Pesisir Semarang

Aksi Beach Clean Up dan penanaman mangrove dilakukan di Pantai Mangunharjo Semarang.

Relawan sedang membersihkan sampah di sekitar Pantai Mangunharjo, Kota Semarang. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Grand Candi Hotel memiliki cara yang unik dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI. Bekerja sama dengan komunitas Back-Ind, hotel ini mengadakan aksi sosial Beach Clean Up dan penanaman mangrove.

Kegiatan yang diikuti lebih dari 80 partisipan tersebut berlangsung di di pesisir Kota Semarang, tepatnya di Pantai Mangunharjo, Minggu (20/8/2023).

Pengumpulan sampah dilakukan dengan konsep adventure. Sampah dikategorikan menjadi dua yaitu sampah plastik dan non-plastik yang.

Public Relations Grand Candi Hotel Semarang, Immanuel Teja Kumala mengaku terkejut dengan semangat yang ditunjukkan oleh partisipan yang terjun langsung membersihkan sampah. Karena dalam durasi yang cukup singkat sekitar 60 menit, terkumpul 2,2 ton sampah.

“Sampah yang terkumpul yaitu 1,5 ton sampah plastik, serta 700 kilogram sampah non-plastik. Sehingga total sampah terkumpul yang telah kami salurkan langsung ke Dinas Lingkungan Hidup yaitu 2,2 ton sampah,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan penanaman mangrove. Ada 100 bibit mangrove yang telah disediakan oleh Kelurahan Mangunharjo untuk dibantu tanam oleh partisipan. Penanaman ini sebagai upaya untuk penghijauan serta mencegah abrasi Pantai Mangunharjo.

Immanuel Teja menegaskan, kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen Grand Candi Hotel untuk mencintai tanah air. Selain itu, aksi ini merupakan implementasi dari 17 Sustainable Development Goals.

“Kegiatan Beach Clean Up dan Penanaman Mangrove dapat mewujudkan point ke 13 yaitu climate action, point 14 yaitu life below water, serta point 15 yaitu life on land.

Menurutnya, bersih-bersih pantai meningkatkan kesadaran untuk mengurangi pemakaian kemasan sekali pakai guna menjaga lingkungan sehingga dapat mengurangi krisis iklim. “Kita juga menjaga kebersihan laut untuk menghindarkan ekosistem laut serta pantai dari sampah,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Vice Direcotr Back-Ind, Osadhani Rahma Pemila. Sebagai komunitas yang bergerak pada isu lingkungan, ia merasa terhormat dan terbantu karena Grand Candi Hotel secara inisiatif mengajak Back-Ind berkolaborasi dan bersedia mendukung penuh kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan yang kami jalankan.

Osadhani juga berharap kolaborasi seperti ini dapat terus berjalan dan inisiasi positif dari Grand Candi Hotel ini bisa menjadi contoh bagi pelaku bisnis lainnya.

Baihaqi Annizar