in

Global Village Summer 2019 Digelar, Tampilkan Budaya dari 22 Negara

SEMARANG (jatengtoday.com) – Festival budaya internasional terbesar di Kota Semarang bertajuk Global Village Summer 2019 digelar Sabtu (3/8/2019) di Taman Indonesia Kaya.

Terdapat 22 negara yang turut berpartisipasi pada festival tersebut. Diantaranya Malaysia, Vietnam, India, Turki, Spanyol, Belgia, dan masih banyak yang lainnya.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Indriyasari, perwakilan setiap negara diberi kesempatan memperkenalkan keunikan masing-masing melalui pertunjukan, pameran busana, makanan tradisional, serta pameran barang antik.

“Acara itu diikuti oleh 22 negara, kurang lebih ada 40 delegasi. Bahkan, mereka ini tidak hanya menampilkan budaya asli negaranya, tapi mereka juga belajar budaya yang ada di Kota Semarang,” ucapnya saat ditemui.

“Di acara itu mereka juga menampilkan ciri khas kuliner dari masing-masing negara. Sehingga mereka membuka stan di situ,” imbuh Iin, sapaan Indriyasari.

Dia senang lantaran event ini semakin memperkaya agenda wisata Kota Semarang. Warga dari berbagai daerah berkumpul, menyaksikan pertunjukan dari berbagai negara. “Semua gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun,” jelasnya.

Menurutnya, peserta Global Village Summer 2019 sebenarnya berada di Kota Semarang selama 6 minggu untuk belajar berbagai hal. Semuanya beraktifitas sesuai bidangnya masing-masing di tempat yang berbeda-beda.

“Ada yang fokus di pendidikan, ada seni budaya, ada lingkungan hidup, sesuai dengan potensi mereka. Enam minggu berkegiatan di sini dan akan ditutup nanti pada 17 Agustus setelah mengikuti upacara,” tandasnya. (*)

editor : ricky fitriyanto

Baihaqi Annizar