in

Ganjar Beberkan Implementasi Pancasila di Jawa Tengah

SEMARANG (jatengtoday.com) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membeberkan implementasi poin-poin Pancasila yang dilakukan di provinsi ini.

Ganjar mengatakan, di momen Hari Lahir Pancasila ini, hendaknya masyarakat bisa lebih membumikan Pancasila. Karena itu, ada dua hal yang harus dilakukan di Hari Lahir Pancasila.

“Satu, konten apa yang ingin dipesankan kepada masyarakat dari nilai-nilai yang ada. Kedua, cara menyampaikan,” ujarnya saat menjadi narasumber di Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta, Selasa (1/6/2021).

Hal itu, lanjutnya sama saja menyesuaikan dengan tuntutan zaman. Maka praktis, sekarang butuh agen yang mencontohkan secara konkret dan nyata.

“Sehingga Pancasila makin membumi,” sambungnya.

Seperti ihwal toleransi, lanjutnya, sampai pada bagaimana menghadapi teknologi ke depan, tantangan bangsa, yang merupakan representasi dari kelompok atau kalangan.

Misalnya, dari kalangan muda ada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming yang bisa jadi role model (panutan) kepemimpinan.

Mengenai implementasi Pancasila di Jawa Tengah di masa pandemi, Ganjar menyebut, program penanganan Covid-19 berupa Jogo Tonggo merupakan bentuk aplikasi nyata Pancasila.

“Jogo Tonggo sudah sangat Pancasilais banget. Saling tolong antartetangga,” imbuhnya.

Dia mengibaratkan Pancasila seperti bintang yang bersinar dengan dinamis. Yang bisa diartikan sebagai masa depan, energi, teknologi, development, dan lainnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.