in

Lagi Asyik Belanja, Sumiyati Kaget Didatangi Ganjar dan Dibayari

JEPARA (jatengtoday.com) – Seperti dapat durian runtuh. Pepatah itu layak disematkan pada Sumiyati (47), warga Damarjati Jepara.

Bagaimana tidak, saat asyik belanja di pasar, dirinya didatangi orang nomor satu di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Tak hanya itu, Sumiyati bahkan mendapat hadiah langsung dari Gubernur Jawa Tengah itu. Buah-buahan yang dibelinya di pasar, semuanya dibayari Ganjar.

“Seneng banget, nggak nyangka saya didatangi pak Ganjar,” kata Sumiyati.

Awalnya, Ganjar yang sedang melakukan sidak penanganan Covid-19 di Jepara mengunjungi Desa Banyuputih Kecamatan Kalinyamatan, Selasa (15/6/2021).

Setelah mengecek program Jogo Tonggo di desa itu, dia kemudian menuju tempat isolasi terpusat di BLK Pecangaan dan ke RSUD Kartini Jepara.

Dalam perjalanan itu, dia melintas di depan Pasar Pecangaan. Ia pun meminta sopirnya untuk menepi dan langsung keluar mobil untuk melihat kondisi pasar itu.

“Hayo maskernya dipakai pak, itu anaknya masih kecil kasihan lho. Dikasih masker mas. Jangan sepelekan ya, ini Jepara masuk zona merah, jadi jangan pernah lepas masker,” teriak Ganjar pada warga yang kedapatan tidak memakai masker.

Saat berjalan melihat kondisi pasar, dia melihat Sumiyati yang sedang belanja buah. Saat itu, Sumiyati mengenakan masker dengan benar dan menjaga jarak.

“Nah seperti ibu ini. Bagus bu, nganggo masker. Lagi belanja buah nopo bu?” tanyanya.

Sumiyati pun mengatakan sedang membeli apel, pir dan beberapa buah lainnya. Gubernur pun menanyakan pada penjual buah-buahan itu, berapa harga semua buah yang dibeli Sumiyati.

“Kerono njenengan wis nganggo masker (karena ibu sudah pakai masker), blanjane tak bayari (belanjaannya saya yang bayari). Titip pesan ya bu, tonggone diomongi tertib nganggo masker, jaga jarak, rajin cuci tangan pakai sabun, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pesannya.

Sumiyati pun sangat senang karena mendapat rejeki. Selain belanjaannya dibayari, ia juga tak menyangka bisa bertemu secara langsung dengan Ganjar.

Sumiyati mengatakan selama ini memang tertib memakai masker saat keluar rumah. Ia mengatakan hal itu penting untuk melindungi diri dari penyakit, termasuk Covid-19.

“Alhamdulillah tertib, tiap hari pakai. Ya ini kan untuk menjaga kesehatan, kedua juga bisa melindungi dari debu. Sekarang kan banyak penyakit, jadi harus jaga diri,” pungkasnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.