in

Ganjar Bakal Perkuat KPK untuk Berantas Korupsi

Selain memperkuat lembaga antikorupsi, Ganjar menegaskan bahwa pendidikan antikorupsi juga menjadi hal yang wajib digenjot.

YOGYAKARTA (jatengtoday.com) – Capres 2024, Ganjar Pranowo menegaskan bahwa pemberantasan korupsi akan menjadi prioritas Indonesia ke depan. Langkah kongkret yang akan dilakukannya ketika menjadi presiden adalah memperkuat lembaga-lembaga anti korupsi.

Hal itu disampaikan Ganjar ketika tampil dalam acara Mata Najwa On Stage di Grha Saba UGM, Selasa (18/9/2023) malam. Ganjar menegaskan, pemberantasan korupsi bisa dilakukan jika lembaga anti korupsi seperti kejaksaan, kepolisian dan KPK diperkuat.

“Mau sebesar apapun anggaran kita, sebagus apapun rencana pembangunan, kalau korupsi masih terjadi itu tidak bisa. Maka penegakan hukum harus diperkuat. Kejaksaan, kepolisian dan KPK harus diperkuat,” tegas Ganjar.

Korupsi di Indonesia lanjut Ganjar sudah menjadi kebiasaan. Orang terbiasa korup, kebijakan banyak yang korup, sistem dan aturan yang korup serta praktik aparat yang korup.

“Maka solusinya, basmi itu. Perkuat lembaga penegak hukumnya, regulasi diperbaiki, lembaganya ditata dan tempatkan aktor yang kuat di sana,” tegasnya.

Hal kongkret yang akan dilakukan Ganjar ketika terpilih jadi presiden adalah itu. Regulasi penegakan hukum diperkuat, sistemnya diperkuat dan mencari orang yang tepat untuk memimpin di lembaga-lembaga anti rasuah tersebut.

“Ketika sistemnya baik tapi aktornya ndak baik, ini nggak akan jalan. Kalau sistem kurang baik tapi aktor baik, maka si aktor akan mendrive itu agar menjadi baik,” ucapnya.

Selain memperkuat lembaga anti korupsi, Ganjar menegaskan bahwa pendidikan anti korupsi juga menjadi hal yang wajib digenjot. Ia menyadari, memberantas korupsi dengan hanya mengandalkan langkah penindakan atau represif, tidak akan pernah menyelesaikan akar persoalan.

“Maka pendidikan antikorupsi penting kita lakukan. Edukasi pada masyarakat terus digenjot agar muncul kesadaran anti korupsi di semua elemen masyarakat. Saya sudah melakukan itu di Jawa Tengah, dan itu berhasil,” pungkasnya.

Selain soal korupsi, dalam kesempatan itu Ganjar banyak mengeluarkan ide gagasannya untuk membangun Indonesia emas. Isu kesehatan, pendidikan, optimalisasi bonus demografi, ekonomi digital, energi baru terbarukan, pemberantasan stunting, pengangguran, kemiskinan dan banyak isu lain yang menjadi fokus Ganjar yang disampaikan dalam acara itu. (*)

Ajie MH.