in

Enam Koruptor di Jateng Dapat Pengurangan Masa Tahanan

Remisi Khusus Natal 2023 ini diberikan kepada 447 orang napi, enam di antaranya napi korupsi..

Lapas Kelas I Semarang atau Lapas Kedungpane. (baihaqi/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberi pengurangan masa tahanan terhadap enam koruptor yang mendekam dalam penjara di Jawa Tengah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto menjelaskan, Remisi Khusus Natal 2023 ini diberikan kepada 447 orang narapidana beragama Kristen atau Katolik di Jateng.

Dia merinci, selain enam napi korupsi, ada seorang napi kasus pencucian uang, 228 napi kasus narkotika, dan 212 napi tindak pidana umum.

Tejo mengungkap, dari 46 Lapas dan Rutan yang ada di Jawa Tengah, Lapas Kelas I Semarang menjadi penyumbang terbanyak napi yang mendapatkan remisi khusus Natal, tepatnya ada 92 napi.

Kata dia, besaran remisi yang diberikan sama seperti remisi khusus lainnya yang diberikan tiap tahunnya. Antara lain sebanyak 15 hari sampai dua bulan berdasarkan lama waktu menjalani pidananya.

“Napi yang memperoleh remisi itu tentu telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan,” ujarnya, Minggu (24/12/2023).

Persyaratan tersebut antara lain napi telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar pada register F, dan turut aktif mengikuti program pembinaan di Lapas atau Rutan.

Berdasarkan data per 20 Desember 2023, jumlah penghuni Lapas dan Rutan di Jawa Tengah mencapai 14.437 orang, dengan rincian narapidana berjumlah 11.645 orang dan tahanan 2.792 orang. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar