in

Ratusan Napi di Jateng Terima Remisi Natal, 12 Orang Langsung Bebas

Pemberian remisi kali ini berdampak pada penghematan anggaran Rp268.185.000.

Ilustrasi remisi masa tahanan narapidana.
Ilustrasi remisi masa tahanan narapidana.

SEMARANG (jatengtoday.com) — Sebanyak 447 orang narapidana beragama Kristen dan Katolik di wilayah Jawa Tengah mendapat pengurangan masa tahanan atau remisi khusus dalam rangka Natal.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto mengatakan, lamanya pengurangan masa hukuman berbeda-beda, antara 15 hari sampai dua bulan.

Dari 447 yang mendapat remisi, sebanyak 12 orang di antaranya bisa langsung bebas.

Sementara 435 napi lainnya masih harus menjalani sisa masa pidana meskipun sudah mendapat pengurangan hukuman.

Tejo Harwanto mengatakan, napi yang mendapat remisi telah memenuhi beberapa persyaratan. Antara lain telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar pada register F, dan turut aktif mengikuti program pembinaan di Lapas atau Rutan.

“Dengan pemberian remisi, kami harap dapat memotivasi narapidana untuk mencapai penyadaran diri melalui sikap dan perilaku sehari-hari, sehingga dapat kembali diterima di masyarakat setelah menjalani masa pidana,” jelasnya.

Pemberian remisi kali ini juga berdampak pada penghematan anggaran. Anggaran yang biasanya untuk biaya makan akan berkurang Rp268.185.000.

Sebagai informasi, berdasarkan data per 20 Desember 2023, jumlah penghuni Lapas dan Rutan di Jawa Tengah sebanyak 14.437 orang, dengan rincian narapidana berjumlah 11.645 orang, dan tahanan 2.792 orang dengan kapasitas hunian sebanyak 9.512 orang. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar