in

DJP Jateng I Raup Pundi-pundi Negara Rp6,12 Triliun

SEMARANG (jatengtoday.com) – Kantor Wilayah DJP Jateng I berhasil mengumpulkan pundi-pundi negara sebesar Rp6,18 triliun per 9 april 2021.

Angka ini mencapai 19,93 persen dari target tahun 2021 yang telah ditetapkan yakni sebesar Rp31,03 triliun. Target penerimaan tahun 2021 ini tumbuh sebesar 17,02 persen dari target tahun 2020 sebesar Rp26,5 triliun.

Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Jateng I Mulyanto Budi Santosa menjelaskan, pihaknya akan berusaha secara maksimal untuk dapat mencapai target penerimaan pajak tahun ini.

Baca juga: Ingatkan Pentingnya Pajak, Wapres Ajak Masyarakat Segera Lapor SPT Tahunan

“Kami berkomitmen terus melakukan penggalian potensi pajak agar dapat mencapai target yang telah diamanahkan,” ucapnya dalam siaran pers, Selasa (20/4/2021).

Selain berupaya mencapai target penerimaan, pihaknya juga berupaya mengejar kepatuhan wajib pajak.

SPT Tahunan yang telah disampaikan sebanyak 9.976 merupakan SPT PPh Badan, 54.237 SPT PPh OP non karyawan, 270.925 SPT PPh OP 1770S, dan 229.054 SPT PPh OP 1770SS.

Baca juga: Bank Jateng Cabang Blora Luncurkan Kartu Mengaji Berbentuk ATM, Bisa jadi Alat Transaksi

Kanwil DJP Jawa Tengah I terus mengimbau masyarakat untuk menyampaikan SPT Tahunan dan memberikan apresiasi kepada wajib pajak yang telah menyampaikan SPT Tahunanannya.

“Bagi wajib pajak yang belum melaporkan SPT Tahunan kami harap dapat segera melaporkan SPT Tahunannya,” pesannya.

Dalam rangka mengajak masyarakat agar segera menyampaikan SPT Tahunan, tahun ini Kanwil DJP Jateng I telah menggelar Spectaxcular Jateng 1 Virtual Ride dan Kontes Foto SPT Tahunanku.

Baca juga: Banyak Pengusaha Kos Mewah di Semarang Tak Bayar Pajak

Spectaxcular Jateng I Virtual Ride merupakan kompetisi bersepeda secara virtual, dimana seluruh peserta wajib mengunggah foto bersepeda disertai ajakan untuk menyampaikan SPT Tahunan melalui akun media sosial masing-masing.

Tercatat sebanyak 1.418 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti kompetisi yang diadakan secara gratis tersebut.

Sedangkan, Kontes Foto SPT Tahunanku merupakan lomba unggah foto melalui akun media sosial peserta dengan menyertakan tagar tertentu dan ajakan untuk segera menyampaikan SPT Tahunan.

Kontes foto ini diikuti oleh 154 peserta dengan total sebanyak 247 foto yang diunggah. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.