in

Manfaatkan Fasilitas Samsat Budiman, Pedagang Sayur di Cilacap Bayar Pajak Motor Pakai Uang Koin

Ahmad menuturkan, sehari sebelumnya dia sudah datang ke kantor BUMDes untuk membayar pajak motornya.

Ilustrasi pajak. (antara)

CILACAP (jatengtoday.com) – Ada peristiwa menarik di BUMDes Karya Makmur Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu, Cilacap, Kamis (4/5/2023) siang. Seorang pedagang sayur keliling bernama Ahmad Sodik mendatangi kantor BUMDes untuk membayar pajak sepeda motor miliknya.

Ahmad datang ke kantor BUMDes sambil menenteng kantong plastik berisi uang koin pecahan Rp1.000 dan Rp500. Uang receh itu, dia gunakan untuk membayar pajak motornya.

“Setiap habis jualan saya menyisihkan Rp10.000 untuk membayar pajak motor,” kisah Ahmad.

Ahmad membayar pajak sepeda motornya melalui fasilitas Samsat Budiman (Bumdes Digital Mandiri) yang tersedia di BUMDes Sikanco karena lokasinya dekat, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke kota.

“Kalau bayar pajaknya Rp 250 ribu,” tambah Ahmad.

Ahmad menuturkan, sehari sebelumnya dia sudah datang ke kantor BUMDes untuk membayar pajak motornya. Namun, ternyata uang koin yang ia bawa saat itu masih kurang Rp60 ribu.

Dia kemudian kembali datang ke Samsat Budiman pada Jumat (5/5/2023) keesokan harinya, untuk melunasi kekurangannya, menggunakan uang koin.

“Diterima sama petugas yang melayani. Buat motivasi buat warga lain biar taat pajak,” imbuhnya.

Kepala Seksi Pajak Kantor UPPD Kab Cilacap, Yudo Fristyono ketika dikonfirmasi mengatakan, apa yang dilakukan Ahmad merupakan hal yang luar biasa dan perlu mendapat apresiasi. Dia berharap, semangat Ahmad membayar pajak bisa dicontoh warga Desa Sikanco yang lain.

“Itu sangat luar biasa. Di saat kepercayaan publik terhadap (institusi) pajak turun. Itu berguna. Ikhtiar dari masyarakat untuk membantu pemerintah,” kata Yudo.

Sementara itu, Direktur BUMDes Karya Makmur Desa Sikanco Koesnadi mengungkapkan, Samsat Budiman menjadi bentuk usaha BUMDES Desa Sikanco. Di antara keunggulannya, memang dapat menalangi kekurangan bayar dari besaran pajak.

“Kalau kurang memang bisa kami talangi, terlebih kalau itu warga kami sendiri,”ungkapnya.

Kendati belum lama dibuka, Samsat Budiman Desa Sikanco telah ditetapkan sebagai Samsat Budiman terbaik di Jawa Tengah pada 10 Februari 2023 lalu. (*)

Ajie MH.