in

Ditempatkan di Dapil Berbeda, Yudi Indras Wiendarto, Lolos Tiga Kali Berturut-Turut di DPRD Jateng

Yudi Indras Wiendarto. (istimewa)

SOLO (jatengtoday.com) – Caleg Dapil VII Jateng, Yudi Indras Wiendarto dipastikan lolos menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah. Dia berhasil memperoleh 41,797 suara dari tiga wilayah di Jawa Tengah, yakni Solo, Sukoharjo dan Klaten.

“Tentunya, saya sangat bersyukur dipercaya masyarakat untuk mengemban amanah sebagai wakil rakyat di tingkat DPRD Provinsi Jateng,” terang Yudi saat berbincang dengan wartawan, Kamis (14/3/2024).

Yudi mengaku, dirinya sudah dua kali menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jateng periode 2014 dan 2019. Sedangkan, di 2024 dirinya menjabat untuk kali ketiga. Uniknya, pria kelahiran Semarang, 18 Agustus 1973 ini selalu berhasil lolos meski berada di Dapil berbeda dari kemenangan sebelumnya.

“Saat 2014 lalu, dari Dapil X Jateng meliputi Kabupaten Banjarnegara, Kebumen dan Purbalingga. Lalu, di tahun 2019 dari dapil 1 Kota Semarang. Dan terakhir, di tahun 2024 ini dari Dapil VII Jateng, meliputi Solo, Klaten dan Sukoharjo. Artinya, ini keberhasilan ketiga,” katanya.

Bukan tanpa alasan, dirinya berhasil meraih simpati masyarakat di Pemilu 2024. Apalagi, banyak calon incumben yang rontok di pemilu tahun ini.

“Masyarakat itu ingin diperhatikan. Maka dari itu, pendekatan yg tepat kepada masyarakat disetiap kab/kota masing masing dan juga punya team pemenangan yg juga bisa melakukan pendekatan yg tepat kepada masyarakat ,tentu  menjadi sebuah keharusan, Caleg harus terjun ke dapil masing-masing. Pelajari kondisi dan kebiasaan masyarakat disetiap daerah dan berusaha membaur dgn masyarakat ,sapa langsung masyarakat,” tegasnya.

Disinggung mengenai strategi pemenangan di wilayah Dapil VII yg kebetulan cukup kompetitif persaingannya karna banyak tokoh tokoh dari daerah, maupun dari pusat yg berkompetisi di dapil tersebut, Yudi mengaku, dirinya tetap semangat ketika mendengar istilah bahwa itu adalah Dapil yang cukup berat Dirinya justru tertantang diterjunkan di dapil yang dipemilu sebelumnya banyak dimenangkan oleh PDIP.

“Ya yang jelas, dijalani dgn tenang dan solid selama proses pemilu berjalan .terutama pendekatan ke kalangan gen Z dengan cara-cara kekinian. Jika melihat data, jateng ini kan mencapai 28-29 juta DPT pemilih muda, ya cara-cara yang digunakan juga harus kreatif,” ungkapnya.

Informasi yang dihimpun, berikut sejumlah Caleg yang lolos ke Gedung Berlian DPRD Provinsi Jateng :

PDIP (4 kursi)

1. Joko Purnomo: 122.210 suara

2. Kadarwati: 54.026 suara

3. Hartanto: 46.618 suara

4. Sumarsono: 43.252 suara

Gerindra (2 kursi)

5. Yudi Indras W: 41.797 suara

6. P Bayu Kusuma: 40.598 suara

PKS (1 kursi)

7. Quatly Abdulkadir Alkatiri: 83.681 suara

Golkar (1 kursi)

8. Anton Lami Suhadi: 60.584 suara

PKB (1 kursi)

9. Aminudin Latif: 36.574 suara

PSI (1 kursi)

10. Antonius Yogo Prabowo: 28.445 suara

Dengan hasil ini, PSI berhasil meraih satu kursi dan menyingkirkan PAN yang tidak mendapatkan kursi.

Sejumlah petahana kembali duduk di kursi Gedung Berlian, antara lain Joko Purnomo, Kadarwati, Sumarsono dari PDIP. Kemudian, Anton Lami Suhadi (Golkar) dan Quatly Abdulkadir Alkatiri (PKS).

Petahana dari Partai Gerindra, Yudi Indras W berhasil lolos kembali dari dapil ini. Pada pemilihan legislatif sebelumnya, Yudi Indras terpilih dari dapil Jateng 1 atau Kota Semarang.

Sementara, petahana yang gagal lolos antara lain Stephanus Sukirno (PDIP), Sri Marnyuni (PAN), M Chamim Irfani (PKB). (*)

Ajie MH.