in

Didukung American Red Cross, PMI Gelar Lokalatih Tanggap Darurat Tahap 3 di Semarang

SEMARANG (jatengtoday.com)Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat kembali melanjutkan Lokalatih Perencanaan, Monitoring-Evaluasi, dan Pelaporan Tanggap Darurat. Pelatihan yang didukung American Red Cross (Palang Merah Amerika) ini dilangsungkan di Pusdiklat PMI Jateng di Semarang.

Humas PMI Jateng Danang Agus P menjelaskan, Pusdiklat ini dibagi atas beberapa tahap. Untuk tahap pertama sudah digelar di Bogor. Pihaknya menjadi tuan rumah untuk 2 tahap lanjutan, yakni tahap dua pada 23-26 Juni dan tahap tiga pada 26-30 Juni besok.

Lokalatih kali ini diikuti perwakilan 60 staf dan relawan dari berbagai wilayah. Mulai dari PMI Jateng, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI, DIY, Banten, hingga PMI Maluku Utara.

Menurut Perwakilan PMI Pusat Deasy Sujatiningrani, sebagai bagian dari penanggulangan bencana, pihaknya ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personel PMI. Khususnya Koordinator Lapangan dan Pendamping operasi tanggap darurat, konflik dan krisis kesehatan.

Sebab, menurutnya, situasi bencana dan krisis kesehatan selalu diawali dengan keadaan yang tidak normal. Sehingga pengelolaan operasi bencana dan krisis kesehatan perlu direncanakan dengan baik.

“PMI dituntut mampu menyediakan informasi untuk aksi tanggap darurat bencana, perencanaan operasi, mengelola pelaksanaan operasi TDB, pelaporan baik kepada donor dan pemerintah, serta publikasi dan akuntabilitas,” ujarnya, Jumat (28/6/2019).

Dia berharap, pasca lokalatih ini akan ada peningkatan kapasitas SDM. Artinya, kata Deasy, personel PMI mampu menyediakan informasi untuk aksi tanggap darurat bencana, perencanaan, mengelola pelaksanaan operasi kedaruratan, dan menyusun pelaporan.

Sementara itu, perwakilan delegasi American Red Cross, Mediatri Silalahi mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan salah satu komitmen pengembangan kapasitas. “Amcross telah berkomitmen untuk mendukung peningkatan kapasitas staf dan relawan PMI,” tandasnya. (*)

editor : ricky fitriyanto