in

Di UIN Walisongo Bisa Kuliah Gratis, Syaratnya Hapal Al-Quran 30 Juz

SEMARANG (jatengtoday.com) – UIN Walisongo Semarang membuka kesempatan kuliah gratis kepada setiap orang yang hapal Al-Qur’an 30 juz. Beasiswa penuh selama 8 semester tersebut khusus untuk jenjang S-1.

Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Imam Taufiq mengatakan, siswa SMA sederajat yang sudah lulus dan memenuhi kriteria tersebut bisa segera mendaftarkan diri. “Kami akan berikan beasiswa penuh,” jelasnya dalam keterangan persnya, Jumat (27/12/2019).

Hal tersebut disampaikan Imam Taufiq saat menerima kunjungan MA Nurul Ulum Jekulo Kudus, di Auditorium II Kampus III UIN Walisongo Semarang, belum lama ini.

Dalam sambutannya, Imam menyampaikan apresiasinya kepada rombongan MA Nurul Ulum atas kehadirannya di UIN Walisongo Semarang. Dia mengingatkan pentingnya strategi dalam memilih program studi, supaya dapat lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Menurutnya, sering kali terjadi seorang siswa gagal masuk PTN karena salah strategi memilih program studi. “Jangan mendaftar di prodi-prodi yang tingkat persaingannya tinggi. Harus diidentifikasi prodi-prodi dari level pertama, menengah, dan bawah,” terangnya.

Prof Imam juga menambahkan bahwa UIN Walisongo memiliki cita-cita agar melahirkan mahasiswa dan alumni yang hebat seperti kiprahnya para Walisongo yang dalam setiap dakwahnya selalu menebarkan kedamaian bukan kebencian.

Dia menambahkan, sejak Januari tahun 2019, UIN Walisongo telah terakreditasi A. “Artinya kualifikasi kampus ini sangat bagus dan patut menjadi pilihan utama bagi siswa-siswi yang ingin melanjutkan ke PTN,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala MA Nurul Ulum Kudus Muhammad Jazuli mengatakan, tujuan kunjungan rombongannya adalah untuk silaturahmi, menimba ilmu, dan menggali informasi tentang UIN Walisongo Semarang.

Sejumlah 300-an peserta terdiri dari guru pendamping dan siswa MA Nurul Ulum mengikuti kegiatan tersebut. “Kami ingin mendapat informasi tentang jalur pendaftaran dan program studi apa saja yang ada di UIN Walisongo,” ungkapnya. (*)

 

editor : ricky fitriyanto