in

Dalam 3 Tahun, Yellow Clinic Beri Pelayanan Kesehatan Gratis untuk 4,8 Juta Orang

Warga terdampak banjir Rowosari sedang mengikuti pengobatan gratis yang digelar Yellow Clinic Semarang. (istimewa)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Yellow Clinic menjadi salah satu ujung tombak program pelayanan publik Partai Golkar. Klinik ini memberikan pelayanan gratis untuk masyarakat.

Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartanto menjebut, Yellow Clinic menjadi bukti Golkar adalah partai politik yang inklusif. Yellow Clinic bukan hanya dirasakan kader Golkar, tetapi juga masyarakat secara umum. Bahkan, melalui program ini Partai Golkar menegaskan diri mendukung pemerintah di sektor layanan kesehatan.

“Dalam tiga tahun Partai Golkar sudah memiliki 15 klinik dan sudah melayani lebih dari 4,8 juta masyarakat. Termasuk untuk memberikan vaksin (Covid-19),” ucapnya saat puncak HUT ke-59 Partai Golkar di kantor DPP Partai Golkar, Senin (6/11/2023) malam.

Di lain kesempatan, Ketua Yellow Clinic, Jacobus Dwihartanto menjelaskan, klinik gratis dari Partai Golkar ini lahir saat masyarakat mengalami keterbatasan dalam mengakses layanan kesehatan. Yakni saat pandemi Covid-19, 3 tahun silam.

“Waktu itu kami ingin mendukung program pemerintah karena rasio tenaga kesehatan dan penduduk masih sangat jauh,” terang bakal caleg DPR RI dapil Jateng 1 ini.

Setelah Covid-19 menjadi endemi, Yellow Clinic tetap aktif menjadi pelayanan kesehatan graris. Bahkan jemput bola. Seperti pengobatan gratis untuk warga terdampak kebakaran Gunung Merbabu di Getasan, Kabupaten Semarang, beberapa waktu lalu.

Yellow Clinic membuka pelayanan gratis di Gereja Kristen Jawa Tengah Utara (GKJTU) Manunggal Ngaduman, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Warga yang mengalami gangguan pernapasan akibat kebakaran Gunung Merbabu, mendapatkan pengobatan gratis di sana. (*)

Ajie MH.