in

BMKG Jateng Imbau Masyarakat Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

SEMARANG (jatengtoday.com)Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah mengimbau masyarakat agar waspada terkait potensi angin kencang dan gelombang tinggi di perairan utara dan selatan Jateng.

Prakirawan BMKG Ahmad Yani Semarang, Muh. Syifa’ul Fuad menjelaskan, saat ini imbauan yang dikeluarkan masih berupa peringatan dini. Hal itu telah diumumkan BMKG melalui laman resminya.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari curah hujan tinggi dan angin kencang yang akan terjadi,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (23/1/2019).

Menurutnya, dampak yang bisa ditimbulkan dari cuaca ekstrim akhir Januari ini bermacam-macam. Selain angin kencang, juga berpotensi banjir, tanah longsor, pohon tumbang, genangan, dan jalan licin.

Adapun terkait gelombang tinggi, sebelumnya BMKG telah mengeluarkan rilis. Pihaknya mengimbau, utamanya bagi masyarakat pesisir dan nelayan untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter yang diperkirakan bakal terjadi. (*)

editor : ricky fitriyanto

Baihaqi Annizar