in

BINUS @Semarang Klaim Kuliah 2,5 Tahun Bisa Langsung Kerja

SEMARANG (jatengtoday.com) – Tingkat pengangguran di Jawa Tengah per tahun 2023 adalah sebanyak 5,13%, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Nasional. Jumlah tersebut sudah menurun 0,44% jika dibandingkan dengan Februari 2023. Akan tetapi, angka pengangguran tersebut harus tetap diminimalkan dengan berbagai upaya.

BINUS @Semarang berupaya dengan menghadirkan 2,5 tahun kuliah, langsung gapai karir melalui enrichment program untuk mempercepat masa kuliah sehingga sumber daya manusia bisa segera siap menghadapi lingkungan kerja. Langkah ini dinilai bisa menjadi solusi bagi para lulusan SMA atau perguruan tinggi untuk menambah pengalaman praktikal di ekosistem kerja.

“Pengembangan kualitas diri itu penting agar bisa meningkatkan daya saing saat mencari lapangan pekerjaan baru. Tapi, kami juga paham masyarakat butuh alternatif berkualitas agar bisa cepat gapai karir pada masa kuliah, karena kan permintaan dari industri tinggi akan SDM yang berkualitas,” ucap Dr. Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom. selaku Campus Director dari BINUS @Semarang saat menjelaskan alasan mengapa program enrichment di BINUS hadir.

Semua calon mahasiswa BINUS @Semarang dapat melakukan pemgembangan diri untuk bisa kuliah 2,5 #MulaiLebihAwal dalam menggapai karir yaitu dengan enrichment program. Program ini memiliki tujuh pilihan yang bisa dipilih, mulai dari entrepreneurship, research, internship, study, further, community development, study abroad, dan specific independent study.

Dengan adanya enrichment program ini, BINUS @Semarang memfokuskan pembelajaran dengan memaksimalkan praktik-praktik langsung. Dengan begitu, mahasiswa punya bekal yang cukup saat terjun di dunia kerja. Inilah perbedaannya dari sistem perkuliahan S1 yang mayoritas teori dan berada di kelas.

BINUS @Semarang hadir dengan lingkungan belajar yang mendukung mahasiswa untuk terus up-to-date pada perkembangan zaman. Mengusung konsep Industrial Revolution 4.0, kampus BINUS di Semarang dilengkapi laboratorium content creation, laboratorium AR/VR, hingga laboratorium metaverse.

Meski memiliki suasana kampus yang update dengan perkembangan teknologi, BINUS @Semarang tetap menghadirkan rooftop garden untuk menyeimbangkan suasana belajar agar lebih rileks. Pemandangan yang bisa diakses dari rooftop ini adalah laut di seberang serta pepohonan di sekeliling bangunan tersebut, sehingga menjadikan kampus pertama BINUS UNIVERSITY yang berada di pinggir pantai.

Semarang sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah sendiri memprioritaskan pengentasan pengangguran, stunting, inflasi, dan kemiskinan. Prioritas tersebut sejalan dengan apa yang coba dihadirkan oleh BINUS @Semarang lewat program kuliah 2,5 tahun. Dengan bekal yang cukup, mahasiswa yang akan terjun ke dunia kerja akan siap dihadapkan pada berbagai fenomena.

Cita-cita mulia Provinsi Jawa Tenga, yaitu mewujudkan wilayahnya sebagai penumpu pangan dan industri yang maju, berbudaya, sejahtera, serta berkelanjutan. Langkah mencapai tujuan itu sangat membutuhkan sumber daya manusia yang mengerti pengetahuan teoretis sekaligus cekatan dalam praktik di lapangan.

BINUS @Semarang Hadirkan Beasiswa 100%

Calon mahasiswa yang ingin memulai karir lebih awal hanya dalam waktu 2,5 tahun kuliah, BINUS @Semarang juga memiliki kesempatan untuk memperoleh beasiswa.

Potongan ini akan berlaku pada pendanaan studi, bukan pembiayaan kebutuhan hidup selama menempuh studi. Akan tetapi, jumlah potongannya bisa mencapai 100%! Informasi lengkap mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku, silakan kunjungi situs web di sini atau bisa datang ke admisi BINUS @Semarang.

Tingginya jumlah pengangguran terbuka di Indonesia yang mencapai jumlah 7,2 juta memang menantang sejumlah pihak, mulai dari pemerintah hingga institusi-institusi pendidikan. BINUS @Semarang sebagai institusi pendidikan tinggi indonesia berkelas dunia berusaha merespons fenomena tersebut dengan menghadirkan 2,5 tahun kuliah, langsung gapai karir.

Dengan gapai karir dengan cepat, mahasiswa bisa segera menentukan pekerjaan dan bisa berdinamika langsung di dunia kerja. Di sisi lain, sistem perkuliahan yang diusung pun sebagian besar bersifat praktikal sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan zaman. Harapannya, BINUS University bisa menciptakan alumni-alumni yang berprestasi dan berpengalaman di bidangnya. (*)

Ajie MH.