in

Beri Kultum di Masjid Baiturrahman, Petir Ajak Jamaah Banyak Bersedekah

Rasa haus dan lapar saat berpuasa dapat meningkatkan solidaritas sosial terhadap orang-orang miskin yang ditimpa kesulitan dalam menjalankan kehidupannya.

Zainal Petir saat memberikan kultum shalat Tarawih di Semarang. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sesama manusia perlu saling membantu. Salah satunya dengan bersedekah.

Hal itu diungkapkan H Zainal Abidin Petir saat memberikan kultum sholat Tarawih di Masjid Baiturrahman, Jalan Banowati Raya 6, Kelurahan Bulu Lor, Semarang Utara, beberapa waktu lalu.

Tarawih yang diimami Ustadz H Waimin ini juga dihadiri Camat Semarang Utara Much Imron, dan Lurah Bulu Lor Agus Riyanto.

Dalam kultumnya, Petir menyampaikan jika ibadah puasa sangat banyak manfaatnya. Tidak hanya menambah takwa, juga mewujudkan kesalehan sosial seperti pengendalian diri, kedisiplinan, kejujuran, dan kesabaran.

Selain itu, tambah Petir, mengajarkan manusia lebih peduli kepada sesama dengan banyak bersedekah.

Rasa haus dan lapar saat berpuasa dapat meningkatkan solidaritas sosial terhadap orang-orang miskin yang ditimpa kesulitan dalam menjalankan kehidupannya.

“Ojo pelit ngasih uang kepada orang miskin. Orang yang gemar bersedekah akan dihindarkan dari mushibah. Juga Allah akan menggantinya,” kata Zainal Petir yang juga penasehat Paguyuban Modin Perawat Janazah Semarang (P2JS) ini.

Setelah Petir menyampaikan kultum dilanjut sambutan Camat Moch Imron. Dia berpesan agar bulan ramadhan dijadikan momen untuk peduli sesama.

Juga ada pelajaran disiplin tinggi bagi orang yang menjalankan puasa. “Tolong bantu pak Hendi Walikota Semarang dengan ikut membangun bersama lingkungan kita,” tandasnya. (*)

Ajie MH.