in

Baru Dibangun 2015, Atap SDN Palebon 1 Semarang Ambrol

SEMARANG (jatengtoday.com) – Atap SD Negeri Palebon 01 yang ada di Jalan Panda Raya Nomor 5, Palebon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang ambrol, Selasa (7/1/2020) pagi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kepala SDN Palebon 01 Rudy Haryanto menjelaskan, gedung yang atapnya ambrol tersebut berlantai dua. Secara langsung, atap tersebut menaungi 4 kelas, yakni kelas 5A, 5B, 6A, dan 6B.

“Biasanya 4 kelas itu digunakan untuk belajar sekitar 160 siswa. Untung kejadiannya pagi, sehingga belum ada kegiatan belajar-mengajar,” ungkapnya.

Menurut informasi yang dihimpun, ambrolnya atap tersebut terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. “Saya dikabari jam 05.30 WIB oleh penjaga. Jam 06.00 WIB sampai sini saya lihat terus lapor ke dinas,” imbuh Rudy.

Atap tersebut terdiri atas kerangka yang terbuat dari baja ringan serta genteng dari tanah liat. Kuat dugaan baja ringan itu tidak kuat menahan genteng beserta hujan yang deras beberapa hari terakhir.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri, bangunan tersebut dibangun pada 2015. Menurutnya, baja ringan memang mempunyai kerentanan.

“Baja ringan kan saling terkait, ada yang melengkung narik semuanya. Ini musibah, akan kita perbaiki segera,” kata Gunawan.

Sementara itu, Kepala Sekolah menegaskan kegiatan belajar mengajar akan direkayasa dengan sistem shift. Nantinya ada yang diarahkan untuk masuk siang hari.

Di lantai 2 selain kelas yang roboh juga terdapat ruang kelas 3 dan 4. Kemudian nantinya kelas 3 dan 4 akan berangkat siang sedangkan kelas lainnya tetap berangkat pagi. Siswa bergantian kelas di lantai 1.

“Untuk kelas 3 dan 4 masuknya siang. Kami tidak ingin kegiatan belajar anak-anak sampai terganggu,” jelas Rudy. (*)

 

editor : ricky fitriyanto

Baihaqi Annizar