in

Angka Kecelakaan Mudik di Jateng Turun, Jumlah Korban Meninggal Justru Meningkat

SEMARANG (jatengtoday.com) – Angka kecelakaan di Jateng saat arus mudik Lebaran 2019 menurun hingga 21 persen. Tapi, jumlah korban meninggal dunia justru bertambah.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudy Antariksa menjelaskan, korban meninggal paling banyak terjadi di jalan tol. “Jumlah korban meninggal dunia memang mengalami peningkatan, tahun 2018 ada 12, tahun 2019 naik 32. Naik 167 persen,” jelasnya, Kamis (13/6/2019).

Terkait angka kecelakaan dengan luka ringan dan luka berat, lanjutnya, memang mengalami penurunan signifikan. “Kalau luka berat turun 40 persen, luka ringan turun 22 persen. Ini baik di jalan tol maupun non tol,” ujarnya.

Dijelaskan, kecelakaan dapat menurun karena ruas tol Trans Jawa sudah tersambung. “Kalau tahun lalu kan tol belum nyambung. Tahun ini ada 23 kecelakaan, meninggal di tol ada 4 orang, luka berat 8 orang, luka ringan 15 orang. Jadi secara umum di jalur tol aman,” ungkapnya.

Sementara itu data kendaraan yang masuk di Jateng mencapai 350 ribu kendaraan. Kemudian yang sudah keluar baru 290 ribu kendaraan.

“Masih sekitar 15 persen pemudik yang belum kembali. kami masih ada penjagaan antisipasi kepadatan di gerbang tol Kalikangkung, Banyumanik, atau titik rawan lainya,” tandasnya. (*)

editor : ricky fitriyanto