in

Abdul Hanif Wakili Jateng di Kompetisi Bartender The H Day Mixology Competition 2023 di Bali

SEMARANG (jatengtoday.com) – Abdul Hanif Romadzan terpilih sebagai juara pertama The H Day Mixology Competition 2023 Jateng. Dia berkesempatan mewakili Jawa Tengah pada kompetisi H Day Mixology level nasional, Agustus 2023 mendatang.

Ketua Harian Himpunan Bartender Indonesia (HBI), Oka Angga, menyampaikan kompetisi yang digelar di Gold Dragon Semarang ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi bartender di Jateng.

Selain itu, acara tersebut juga mengasah kemampuan bartender dalam meramu minuman. Dia menyebut, para bartender ditantang untuk membuat kreasi minuman dengan bahan baku H-Gin.

“Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk meningkatkan skill bartender di semarang dan dalam rangka menjalin silaturahmi dengan bartender se-Jawa tengah,” kata Oka awal pekan kemarin.

Menambahkan, ketua penyelenggara Putu Widhiantara, mengatakan kompetisi ini merupakan wadah untuk saling belajar sesama bartender. Dia menilai bartender di Jawa Tengah memiliki cukup kemampuan untuk meramu minuman yang syarat dengan kearifan lokal.

Menurutnya, kekayaan rempah di Indonesia menjadi perhatian banyak negara sejak jaman dulu. Mulai dari bumbu makanan hingga ke minuman herbal. Oleh karenanya, tegas Putu, bartender juga dituntut memahami kekayaan ramuan herbal Nusantara ini.

“Di kompetisi ini kami juga ingin mendorong para bartender untuk semakin banyak menggunakan herbal nusantara, karena kami melihat kekayaan herbal yang dimiliki nusantara juga perlu ditonjolkan,” paparnya.

Semarang merupakan kota ketiga dari lima kota yang menggelar The H Day Mixology Competition 2023. Sebelumnya kompetisi digelar di Bali dan Surabaya. Setelah Semarang, kompetisi dilanjutkan di Bandung dan Jakarta.

Selain Abdul Hanif pada posisi pertama, Arifanditra meraih posisi kedua dalam kompetisi tersebut. Kemudian disusul El Dakar pada posisi ketiga. Abdul Hanif dan Arifanditra terpilih untuk mewakili Jateng untuk tampil pada final The H Day Mixology Competition 2023 yang diselenggarakan bulan Agustus mendatang. (*)

Ajie MH.