in

5 Alasan Pilih Kereta Api untuk Perjalanan Libur Nataru

Seluruh insan KAI akan memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan pelanggan sampai tiba di stasiun tujuan.

Ilustrasi perjalanan kereta api (foto: dokumentasi KAI)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Kereta api masih menjadi angkutan transportasi favorit masyarakat untuk traveling saat libur di hari besar nasional, termasuk saat musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Jika dibandingkan kendaraan pribadi atau moda transportasi lainnya, kereta api lebih aman, bebas macet, dan nyaman.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus mengatakan, KAI berkomitmen menyelenggarakan seluruh perjalanan kereta api di masa Angkutan Nataru dengan aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan.

Berikut sejumlah keunggulan kereta api yang patut menjadi pilihan saat liburan Natal dan Tahun Baru:

1. Aman dan selamat
Pelanggan tidak perlu khawatir akan keamanan dan keselamatan kereta api. Seluruh insan KAI akan memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan pelanggan sampai tiba di stasiun tujuan.

Pada angkutan Nataru ini, KAI bersama stakeholder perkeretaapian telah melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di Pulau Jawa pada awal Desember lalu.

Kegiatan inspeksi ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dari berbagai aspek seperti sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya. Juga lokomotif, kereta, jalur, jembatan, terowongan, serta persinyalan dipastikan dalam kondisi andal dan siap operasi.

2. Bebas macet dan tepat waktu
Berbeda dengan perjalanan dengan kendaraan pribadi, perjalanan dengan kereta api tidak terpengaruh oleh kemacetan lalu lintas.

Nikmati perjalanan tanpa hambatan dan tiba di tujuan Anda dengan cepat dan nyaman. Di samping itu, ketepatan waktu merupakan alasan mengapa masyarakat memilih menggunakan kereta api.

Kereta api adalah moda transportasi yang bebas macet dan tepat waktu untuk mengantarkan pelanggan bertemu keluarga serta kerabat dengan lebih cepat. Bahkan on time performance KAI saat ini adalah 99,6%.

3. Nyaman dan anti stres
Salah satu keunggulan perjalanan menggunakan kereta api yaitu pemandangan yang begitu memukau di sepanjang jalur berupa hutan, pegunungan, pematang sawah, sungai, jembatan, terowongan, bahkan pantai dapat dinikmati pelanggan. Pelanggan dapat memilih jenis kereta sesuai kebutuhan seperti Ekonomi, Bisnis, Ekskutif, Luxury, Panoramic, hingga Compartment Suites.

4. Fasilitas lengkap
KAI terus meningkatan pelayanan beradaptasi dengan keinginan pelanggan melalui berbagai inovasi, khususnya pada Angkutan Nataru 2023/2024.

Beberapa fasilitas layanan tambahan juga KAI sediakan untuk para pelanggan di antaranya penyediaan drinking water station di sejumlah stasiun, serta pemberian doorprize & merchandize for kids.

Hal ini KAI lakukan agar dapat memberikan pengalaman berlibur yang lebih berkesan dan menyenangkan bagi masyarakat.

5. Tiket mudah dipesan
Pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 ini, KAI menyiapkan lebih dari 3 juta tiket kereta api yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk perjalanan di momen pergantian tahun.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Joni Martinus mengatakan, secara keseluruhan, penjualan tiket kereta api pada periode Nataru yakni 21 Desember 2023 s.d 7 Januari 2024 sebanyak 1.949.884 tiket atau 64,42% dari total tiket yang disediakan.

Joni mengimbau masyarakat agar merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Nataru masih cukup tersedia. (*)

Tri Wuryono