in

Infografis: Waspada Erupsi Semeru

Foto udara kondisi rumah warga yang terdampak awan panas guguran Gunung Semeru di Curah Koboan, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Senin (13/12/2021). ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

PUSAT Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merilis status Gunung Semeru masih berada di level 2 atau berstatus waspada. Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas dalam radius satu kilometer dari puncak Semeru.

Pada Sabtu (4/12/2021), Gunung Semeru yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur mengalami guguran awan panas. Material vulkanik yang terpantau pada pukul 15.20 WIB ini mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Baca: PVMBG Kerahkan Tim untuk Antisipasi Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

Menurut data PVMBG, aktivitas Gunung Semeru berada di kawah Jonggring Seloko. Kawah ini berada di sisi tenggara puncak Mahameru. Sedangkan karakter letusannya, Gunung Semeru ini bertipe vulkanian dan strombolian yang terjadi 3 – 4 kali setiap jam.

Karakter letusan vulcanian berupa letusan eksplosif yang dapat menghancurkan kubah dan lidah lava yang telah terbentuk sebelumnya. Sementara, karakter letusan strombolian biasanya terjadi pembentukan kawan dan lidah lava baru.

Infografis Erupsi Semeru

 

 

(*)

grafis : antara

editor : tri wuryono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.