in

Siswa SMAN 5 Semarang Ciptakan Helm Penghasil Listrik Pertama di Indonesia

SEMARANG (jatengtoday.com) – Siswa SMAN 5 Semarang menciptakan helm ajaib. Helm mampu menjadi sumber energi, termasuk mengecharge ponsel.

Direktur Ristavo Student Company, Jovita Amaria C, menerangkan helm dengan panel surya ini merupakan hasil inovasi 19 siswa termasuk dirinya. Secara teknis, pada bagian atas helm dilapisi dengan panel surya yang kemudian dikonversi menjadi energi listrik untuk sumber energi.

“Berangkat dari kepedulian teman-teman untuk membantu mengurangi emisi karbon batubara dalam produksi listrik PLN. Maka kami bersama membuat helm panel surya ini,” ucapnya, Senin (9/3/2020).

Inovasi ini menarik perhatian Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid). Leprid memberikan penghargaan atas prestasi siswa menciptakan helm bertenaga surya pertama di Indonesia. Penghargaan diberikan Direktur Leprid, Paulus Pangka di halaman SMAN 5 Semarang, Senin (9/3/2020).

Paulus mengatakan, penghargaan tersebut merupakan hal yang membanggakan baginya. Menurutnya, prestasi ini harus menjadi terobosan yang dapat dinikmati oleh masyarakat banyak.

“Kami akan mendorong agar terobosan ini bisa dipatenkan. Kemudian saya rasa terobosan ini juga layak diproduksi secara massal agar bisa dinikmati lebih banyak orang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 5 Semarang, Siswanto, mengatakan penghargaan ini menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi pihak sekolah. Menurutnya, penghargaan ini didapat atas rekomendasi masyarakat kepada Leprid.

“Kami merasa sangat terhormat, masyarakat peduli dan memperhatikan prestasi anak bangsa di SMAN 5. Maka itu, kami jadi semakin tertantang untuk mengajak siswa berkarya lebih baik lagi,” tandasnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.