in

Sayangi Paru-paru, Mahasiswa Udinus Kampanyekan #SaveYourLungs

Pentingnya menjaga kesehatan paru-paru menjadi sorotan bagi Kelompok Seulung.id.

Kampanye #SaveYourLungs di Lapangan Tri Lomba Juang Semarang. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Menjaga kesehatan paru-paru adalah hal yang wajib dilakukan, mengingat ada beragam penyakit yang bisa menyerang organ tubuh ini. Melalui kampanye #SaveYourLungs, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantara (Udinus) Semarang mengajak masyarakat lebih peka terhadap kesehatan organ tubuhnya terutama paru-paru.

Pentingnya menjaga kesehatan paru-paru menjadi sorotan bagi Kelompok Seulung.id yang merupakan akronim dari kampanye #SaveYourLungs. Kampanye ini diselenggarakan di Lapangan Tri Lomba Juang Semarang, Jumat (6/1/2023).

“Kampanye ini untuk lebih menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan paru-paru. Kita lihat banyak orang dengan mudahnya untuk membeli dan menghisap rokok, padahal mereka tahu kalau rokok itu berbahaya,” kata Bagus Fajar Putranto, selaku ketua pelaksana kegiatan.

Menurut Bagus, paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat penting dan tidak tergantikan untuk tubuh kita. Oleh karena itu menjaga kesehatan organ yang satu ini merupakan sebuah kewajiban.

Seperti diketahui, ada berbagai macam penyakit yang bisa menyerang paru-paru, di antaranya asma, penyakit paru obstruksi kronis, hingga kanker. Jika dibiarkan begitu saja, penyakit-penyakit tersebut bisa memicu kerusakan pada organ paru hingga berujung pada kematian.

Selain itu, coronavirus desease (Covid-19) yang merebak dalam beberapa tahun terakhir, rentan menyerang sistem pernapasan, terutama paru-paru.

Dikatakan Bagus Fajar, kehadiran Seulung.id disambut antusias oleh para pengunjung Lapangan Tri Lomba Juang. Selain membuat kampanye #SaveYourLungs, Seulung.id juga memberi pertanyaan dan tips berkaitan dengan paru-paru.

“Melalui kegiatan ini, harapannya masyarakat lebih menyadari pentingnya menjaga kesehatan paru-paru dengan menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga,” ujarnya.

Beberapa pengunjung di Lapangan Tri Lomba Juang menyampaikan bahwa berolahraga dan menjaga gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan paru. “Jika kita menjaga paru-paru sejak sekarang, itu juga sebagai antisipasi penyakit di hari tua nanti,” kata salah satu pengunjung.

Dalam kampanye #SaveYourLungs ini dibagikan infografik cara menjaga paru-paru. Selain itu juga dibagikan suplemen kesehatan dan masker kepada pengunjung yang hadir. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *