in

Robot Seks, Cinta Virtual Bagi Orang Kesepian

SEMARANG (jatengtoday.com) – Teknologi telah mengubah dunia. Manusia berusaha menciptakan robot mesin berotak komputer untuk membantu pekerjaan. Orang Barat terus mengeksplorasi robot dengan kemampuan lebih canggih dan nyaris persis dengan fisik manusia.

Sebagaimana kemunculan fenomena robot seks di berbagai belahan dunia. Robot tersebut memiliki jenis kelamin yang berfungsi layaknya manusia. Baik robot perempuan cantik maupun robot laki-laki macho.

Robot Seks terlihat cantik. Foto : realbotix.com.

Warna kulit, bulu, rambut, mata, alis, bibir, dan semua organ tubuhnya hampir sama persis manusia. Robot tersebut juga didesain bisa berbicara. Bahkan didesain bisa memiliki rasa cemburu dan marah, serta beraktivitas menyerupai manusia. Bahkan robot tersebut bisa menjalin hubungan cinta virtual hingga berhubungan intim dengan manusia.

Robot seks sebetulnya telah lama dikenal. Banyak film fiksi ilmiah yang memuat kisah robot seks seperti A.I. Artificial Intelligence (2001), Ex Machina (2014), Her (2013), Lars and the Real Girl (2007), The Stepford Wives (2004), dan lain-lain.

Matt McMullen, pendiri perusahaan RealDoll, Abyss Creations, sedang membuat robot. Foto : realbotix.com.

Seorang seniman patung, Matt McMullen, adalah pendiri perusahaan RealDoll bernama Abyss Creations yang memproduksi robot-robot seks. Pabriknya berada di pinggiran Kota San Marcos, Negara Bagian California, Amerika Serikat.

McMullen menciptakan ekosistem lengkap untuk cinta virtual. Salah satu produk robot ciptaannya diberi nama “Harmony”, cewek robot seks yang bisa bicara, cemburu dan marah.

McMullen telah menyempurnakan RealDoll selama hampir 20 tahun dan penemuannya telah muncul di banyak film, acara TV dan film dokumenter. Dalam sekejap, mereka benar-benar terlihat nyata. Abyss mempekerjakan ahli kecantikan, pematung, “pembangun tubuh” dan teknisi mata, yang pekerjaan utamanya adalah menciptakan bola-bola yang sangat penting.

“Anda tahu pepatah mata menjadi jendela jiwa, benar-benar mengatakan banyak karena itu benar-benar bagaimana orang membaca satu sama lain,” kata McMullen dilansir dari realbotix.com.

Robot Seks terlihat mirip dengan wanita asli. Foto : istimewa.

Harmony AI adalah jantung RealBotix, platform yang dimaksudkan untuk membawa kecerdasan buatan boneka seks McMullen untuk persahabatan dengan orang yang kesepian dan eksentrik.

Harmony AI adalah bagian dari aplikasi Android, sebagian asisten pribadi yang tersinkronisasi tersedia untuk diunduh langsung dari RealBotix.

Guile Lindroth, seorang insinyur AI Brasil adalah otak dibalik otak Harmony. Ia telah mengerjakan perangkat lunak yang mendasari selama lebih dari 15 tahun. Lindroth secara manual memprogram basis pengetahuan Harmony, memungkinkan dia untuk mengontrol percakapan tanpa harus mengakses terlalu banyak data pengguna.

Sedikitnya ada lima perusahaan di dunia yang memproduksi robot seks. Salah satunya adalah RealDoll. Mereka menjual robot seks berkisar $ 5.400 atau kurang lebih Rp 71 juta, hingga $ 15.700 atau kurang lebih Rp 209 juta. Sedangkan untuk robot pria, RealDoll menjualnya 11 ribu pound sterling atau setara Rp 200 juta. (*)

editor : ricky fitriyanto