in

Bagaimana Revolusi Blockchain Ubah Keuangan Dunia

Begini cara Bitcoin ubah keuangan dunia.

Blockchain Revolution menjelaskan bagaimana kekuatan teknologi baru di balik Bitcoin ini dapat mengubah dunia kita. Bitcoin berdiri di atas teknologi blockchain.

Secara finansial, Bitcoin mengubah dunia dengan meningkatkan cara kita simpan uang dan melakukan bisnis agar lebih adil, transparan, setara, dan bebas dari korupsi.

Bagaimana praktik yang terjadi, sampai kita berani bilang bahwa Bitcoin mengubah cara kita bertransaksi?

Perhatikan contoh ini.

Kamu suka sebuah rumah, ingin membelinya, namun ketika akan bertransaksi, pihak penjual meminta agar tidak ada notaris tanah. Apa yang terjadi?

Transaksi di dunia sekarang, mengandalkan perantara hanya untuk memastikan bahwa proses jual-beli sah dilakukan. Perantara membuat penjual dan pembeli merasa nyaman, transaksi sudah terasa adil.

Perbankan sering menjadi perantara. Menurut sejarah, bank tidaklah 100% terpercaya. Bank bisa bankrut, nasabah bisa kehilangan uang, dan biaya transaksi terlalu besar.

Internet mengalami perubahan drastis sejak ada blockchain, teknologi yang menopang cryptocurrency. Blockchain bisa melakukan transaksi tanpa perantara, sangat transparan, bebas dari korupsi dan uang gelap.

Revolusi Bitcoin

  1. Pelajaran dari blockchain:
    Tidak mungkin merusak blockchain;
  2. Menggunakan blockchain membuat segalanya tentang keuangan lebih cepat, lebih murah, dan lebih setara dari sistem perbankan kita saat ini; dan
  3. Blockchain memiliki banyak kegunaan, termasuk privasi dan transparansi.

1. Tidak mungkin merusak blockchain

Apa arti “blockchain”?

Setiap transaksi dengan coin memanggil block. Transaksi sekarang ditautkan ke block sebelumnya, seperti link (mata-rantai). Saat blok-baru ditambahkan, data dikumpulkan ke seluruh jaringan dan memicu algoritma konsensus.

Blockchain tidak bisa dirusak karena block harus dirangkai secara sempurna. Untuk mengkonfirmasi transaksi dan membangun blok baru, membutuhkan daya besar. Perlu bantuan para penambang (miner). Jika tepat dan rapi, para penambang mendapatkan hadiah.

Jadi, “mining” bukan “menggali”, melainkan membuat transaksi lebih cepat, tepat, aktual, dan “benar” dalam memecahkan soal matematika.

Singkatnya, sistem cryptocurrency itu sangat aman.

2. Menggunakan blockchain membuat segalanya tentang keuangan lebih cepat, lebih murah, dan lebih setara dari sistem perbankan kita saat ini.

Teknologi dan prosedur transaksi dan penyetoran uang dengan perantara bank, sangat kuno, lambat, dan ada “selisih”. Selain itu, jasa bank membutuhkan biaya. Aturan. Ribet sekali. Sistem keuangan perbankan itu lambat, rumit, tak-aman, sering kena “glitch”. Ketinggalan jauh jika kamu bandingkan dengan cryptocurrency.

Bitcoin (BTC) bisa hilangkan semua itu.

Hanya perlu sekitar 10 menit per transaksi tanpa perantara. Bank tidak membantu orang miskin dengan cara mudah. Bank identik dengan rumit dan mahal.

Pembayaran di bawah 20 cent tidak menguntungkan bank.

Ada 2,2 miliar orang di dunia hidup dengan uang kurang dari 1 dolar setiap hari. Ada 2,2 miliar orang tidak memiliki rekening bank. Blockchain menyediakan layanan yang hanya butuh 1 hal: koneksi internet.

3. Blockchain memiliki banyak kegunaan, termasuk privasi dan transparansi.

Salah satu masalah besar yang dihadapi dunia teknologi modern kita adalah bagaimana kita dapat menjaga keamanan informasi pribadi kita saat online.

Pemakai blockchain diberi kelengkapan keamanan berupa kunci kripto (kunci terenkripsi). Ini bisa menjadi tanda tangan mereka. Tingkat privasi mau seperti apa, tergantung selera.

cover buku bitcoin revolution
Buku Bitcoin Revolution memaparkan bagaimana cara Bitcoin mengubah dunua finansial sekarang. (Credit: Amazon)

Info Buku:

Author: Alex Tapscott, Don,Tapscott

Judul: Blockchain Revolution: How the Technology Behind Bitcoin and Other Cryptocurrencies is Changing the World

Edisi : Paperback

Terbitan; Jun 14, 2018]

Catatan dari Saya

Saya sudah tulis tentang bagaimana teknologi web 3.0. mengubah dunia.

Pemakai cryptocurrency bisa membuat bank sendiri atau koin sendiri.

Cryptocurrency tidak di bawah suatu negara. Tidak ada Bank Sentral yang “boleh” mencetak uang karena alasan ekonomi-politik.

Cryptocurrency tidak menyembah US Dollar atau mata-uang milik negara tertentu. [dm]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.