in

Revitalisasi Kota Lama Dapat Apresiasi dari Sri Mulyani

SEMARANG (jatengtoday.com) – Perubahan besar Kawasan Kota Lama Semarang mendapat apresiasi dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Apresiasi itu disampaikan setelah keliling Kota Lama naik sepeda bareng Presiden Joko Widodo, Senin (30/12/2019).

Diakui, suasana Kota Lama Semarang dulu tampak sangat kumuh. Jauh dari sebutan kawasan pariwisata. Sekarang, perubahannya sangat terasa.

“Sekarang bagus banget. Dulu masih kumuh, bangunan tidak terpelihara, jalan tidak bagus. Sekarang sudah rapi, dan terang,” jelasnya.

Meski begitu, dia menilai, beberapa bangunan heritage masih perlu dibenahi lebih lanjut. Memang pembenahan gedung tidak bisa dilakukan begitu saja. Perlu standar khusus karena masuk dalam cagar budaya.

Dia pun takjub dengan sentuhan modern di kawasan heritage. Membuat suasana Kota Lama tak melulu kuno, tapi ada kesan kekinian. Ini bisa menjadi magnet wisata generasi milenial.

“Ditambah kegiatan seni, atraksi budaya biar bisa lebih hidup dan menarik minat turis mancanegara,” katanya.

Lebih jauh, Sri Mulyani mengatakan perlu promosi terus menerus agar tumbuh rasa memiliki bagi masyarakat Kota Semarang.

Selain itu, menurutnya masyarakat Kota Semarang juga perlu mengerti sejarah Kota Semarang yang panjang. Supaya mereka tidak hanya mengenali bangunannya saja, tetapi juga sejarah yang kuat.

“Agar nantinya bisa ditularkan ke wisatawan lain. Dengan demikian nilai wisata kawasan Kota Lama ini bukan hanya dari segi bangunannya saja namun secara historis juga,” tandasnya. (*)

 

editor : ricky fitriyanto