in

Relawan Ganjar Kirim 21 Ribu Liter Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan di Semarang

SEMARANG (jatengtoday.com) – Kemarau panjang membuat sebagian wilayah terdampak kekeringan. Termasuk di Kota Semarang. Karena itu, Pasti Relawan Ganjar (Palagan) berinisiasi untuk membantu dengan droping air bersih.

Palagan pun mengirimkan sebanyak 21 ribu liter air bersih untuk membantu warga Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Senin (30/10/2023) sore. Air bersih yang diangkut 3 truk tersebut diberikan kepada 200an KK di 3 RW terdampak kekeringan.

Warga pun antusias menerima bantuan air bersih dari Palagan. Saat truk air bersih datang, mereka tampak mengantre dengan tertib. Tentu dengan menteng sesuatu untuk menampung air bersih agar bisa dibawa pulang. Ada yang membawa jeriken, ember besar, atau galon air mineral.

Ketua Palagan Kota Semarang, Parikesit Sosrosihardjo mengaku mendapatkan laporan jika ada sebagian wilayah di Kelurahan Jabungan yang terdampak kekeringan. Karena itu, dia mengerahkan relawan untuk gotong royong membantu warga yang menbutuhkan.

“Kami coba membantu dengan menyalurkan 3 tangki air bersih. Masing-masing tangki 7 ribu liter jadi total ada 21 ribu liter. Semoga ini bisa membantu warga yang sedang butuh air bersih karena dampak kemarau panjang. Tidak menutup kemungkinan kami akan mengirimkan bantuan air bersih juga ke tempat lain yang sedang kekeringan,” ucapnya.

Lurah Jabungan, Sarwono pun berterimakasih kepada Palagan karena mau ikut membantu warganya. Dia bercerita, kemarau panjang tahun ini membuat sumur-sumur di wilayahnya kering.

“Ada tiga RW yang sumurnya pada kering. Sampai warga pada membuat bilik seperti kubangan di sungai untuk mendapatkan air,” terangnya.

Sementara itu, salah satu warga, Imronah tampak bahagia mendapatkan air bersih dari Palagan. Sebab, selama 5 bulan terakhir, dia mengaku kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti memasak, untuk minum, dan lain sebagainya.

“Kalau harus beli terus ya boros. Makannya kami senang kalau dapat bantuan air bersih seperti ini,” jelasnya. (*)

Ajie MH.