in

Ratusan Pegawai Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY Dibekali Pelatihan Kehumasan

Bobby berharap seluruh pegawai yang mengikuti Pelatihan Kehumasan nantinya bisa semakin luwes dalam hal menyampaikan informasi tentang aktivitas bea cukai.

SEMARANG (jatengtoday.com) – Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng dan DIY menggelar Pelatihan Kehumasan, Selasa (5/9/2023).

Pelatihan Kehumasan yang dilaksanakan secara hybrid itu, mendatangkan dua narasumber yakni Ade Bhakti Ariawan Sekretaris Dinas Damkar Kota Semarang dan Agus Naryoso Dosen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro.

Bobby Situmorang, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, mengatakan pelatihan tersebut berguna untuk meningkatkan kemampuan pegawai bea cukai dalam tugas kehumasan.

“Tak hanya itu saja, bisa juga untuk meningkatkan kemampuan layanan informasi dan bimbingan kepatuhan kepada seluruh pegawai bea cukai,” ujarnya.

Tak hanya di bidang kehumasan saja, pelatihan ini juga diharapkan mampu menjangkau pegawai di bidang lain untuk meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi.

“Bagaimana humas bisa berbicara di depan publik dan kepada pengguna jasa yang terkait dengan pekerjaan mereka. Pelatihan Kehumasan ini memang salah satu program kerja bea cukai,” terang Bobby.

Bobby berharap seluruh pegawai yang mengikuti Pelatihan Kehumasan nantinya bisa semakin luwes dalam hal menyampaikan informasi tentang aktivitas bea cukai.

“Ketika bertugas di depan publik ada keluwesan saat menyampaikan pesan positif kinerja pemerintah kita, terutama masing-masing satker bea cukai di beberapa daerah. Pelatihan ini juga akan meningkatkan etika pegawai,” ucapnya.

Bobby menambahkan, tantangan ke depan bagi para pegawai bea cukai yakni bagaimana terus menyebarkan citra positif.

“Baik saat jam kerja, maupun di luar jam kerja harus tetap berperilaku selayaknya ASN. Oleh sebab itu nanti akan kami mixing,” tambahnya.

Maka tak heran jika Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengundang para narasumber yang berkompeten di bidangnya.

“Pengalaman narasumber yang hadir pada pelatihan ini akan coba kita gali dan ilmunya nanti kita sebarkan,” tutupnya.

Sebagai informasi, Ade Bhakti diminta untuk memaparkan materi tentang Membangun Personal Branding dan Citra Positif Institusi melalui Media Sosial.

Sedangkan narasumber lain, Agus Naryoso, akan menyampaikan materi tentang public speaking kepada para pegawai bea cukai. (*)

Ajie MH.