in

PSIS vs Persik: Menang 2-1, Mahesa Jenar Jauhi Macan Putih

Gol-gol Evan Dimas dan Riyan Ardiansyah hanya mampu dibalas Renan Silva.

Evan Dimas dan Riyan Ardiansyah menjadi bintang kemenangan PSIS Semarang saat mengalahkan Persik Kediri di Stadion Moch Soebroto Magelang, Minggu (3/3/2024). (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

MAGELANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang mengalahkan tamunya Persik Kediri dengan skor 2-1 pada laga pekan ke-27 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Moch Soebroto Magelang, Minggu (3/3/2024) malam. Gol-gol Evan Dimas dan Riyan Ardiansyah hanya mampu dibalas Renan Silva sekaligus menjauhkan Mahesa Jenar dari Macan Putih.

PSIS Semarang memulai laga dengan misi meraih kemenangan demi mengamankan posisi di zona Championship Series. Mahesa Jenar yang mengoleksi 43 poin berusaha menjauh dari buruan Macan Putih di peringkat keenam yang hanya dipisahkan tiga angka.

PSIS lebih banyak mendapat tekanan dari Persik Kediri di awal pertandingan. Flavio Silva, Renan Silva dan Ze Valente berkali-kali memberikan ancaman ke pertahanan Mahesa Jenar.

Seperempat jam laga berjalan, Flavio nyaris membawa tim tamu unggul ketika tendangannya dari luar kotak penalti memaksa kiper Adi Satryo melakukan penyelamatan.

Terus mendapat tekanan, tuan rumah justru mampu mencuri gol di menit ke-17. Kerja keras Boubakary Diarra dari lapangan tengah diteruskan dengan umpan kepada Debby Liana. Pemain muda yang menggantikan peran Gali Freitas itu kemudian mengirim bola ke Evan Dimas yang dengan dingin mengecoh Dikri Yusron.

Tim tamu merespons melalui percobaan Flavio di menit ke-21. Penyerang asal Portugal itu melepaskan tembakan keras tapi bisa ditepis Adi Satryo. Bola sempat terkena tiang dan kembali ke pelukan kiper PSIS.

Renan Silva menebar ancaman di menit ke-42. Percobaan mantan pemain Persija dan Borneo FC itu masih bisa digagalkan oleh Adi Satryo.

Serangan Persik makin gencar di paruh kedua pertandingan. Skuad besutan Marcelo Rospide akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-63. Renan Silva sukses menggetarkan gawang Mahesa Jenar usai menerima sodoran dari Bayu Otto.

Dua menit kemudian, tuan rumah nyaris mencetak gol kedua ketika umpan silang Giovani Numberi salah diantisipasi oleh Hamra Hehanussa. Beruntung bola hanya menerpa sisi kiri jala gawang.

PSIS kembali unggul untuk kali kedua saat pertandingan berumur 70 menit. Pergerakan Riyan Ardiansyah dari sayap kiri gagal dihentikan oleh pemain-pemain Macan Putih. Winger Mahesa Jenar itu kemudian melepaskan tendangan kaki kanan yang menghujam ke dalam gawang Dikri Yusron.

Flavio melewatkan kesempatan emas di menit ke-75. Top skor Persik mampu melewati adangan Dewangga dan berdiri bebas di dalam area penalti namun dia gagal mengecoh Lucas Gama.

Adi Satryo lagi-lagi melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan mantan timnya mencetak gol di menit ke-87. Penjaga gawang PSIS mementahkan peluang Mohammad Khanafi dalam situasi satu lawan satu.

Keunggulan PSIS bertahan hingga akhir pertandingan. Hasil ini membawa Wahyu Prasetyo dkk kembali ke jalur kemenangan setelah dua laga sebelumnya diimbangi Dewa United 1-1 dan takluk 0-3 oleh Persib Bandung.

Kemenangan tersebut membuat Mahesa Jenar untuk sementara menjauh dari Madura United (42 poin) dan Persik Kediri (40 poin) yang menempati peringkat 5 dan 6. PSIS Semarang naik ke posisi ketiga dengan poin 46.

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Adi Satryo–Fredyan Wahyu Sugiyantoro, Wahyu Prasetyo, Lucas Gama, Haykal Alhafiz; Alfeandra Dewangga, Boubakary Diarra; Riyan Ardiansyah/Basajum Latuconsina (92′), Evan Dimas Darmono/Tri Setiawan (46′), Debby Liana/Giovani Numberi (39′); Taisei Marukawa/Barnabas Sobor (95′)
Persik Kediri: Dikri Yusron–Alexander Lyngbo/Miftahul Hamdi (85′), Anderson Carneiro, Hamra Hehanussa, Rangga Widianyah/Vava Mario Yagalo (61′); Ady Eko Jayanto/Faris Aditama (85′), Krisna Bayu Otto; Renan Silva, Ze Valente, Jeam Kelly Sroyer/Mohammad Khanafi (75′); Flavio Da Silva
(*)
Tri Wuryono