in

PSIS vs Dewa United: Gol Sonny Stevens di Injury Time Buyarkan Kemenangan Mahesa Jenar

Hasil imbang ini menjadi kerugian bagi PSIS Semarang dalam upaya menjauhkan dari pesaingnya di empat besar, Persib Bandung dan Bali United.

Gali Freitas merayakan gol ke gawang Dewa United pada pertandingan pekan ke-25 BRI Liga 1 di Stadion Moch Soebroto Magelang, Jumat (23/2/2024). (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

MAGELANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang berbagi skor 1-1 dengan tamunya Dewa United pada laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Moch Soebroto Magelang, Jumat (23/2/2024). Gol kiper Dewa United, Sonny Stevens di penghujung pertandingan membuyarkan kemenangan Mahesa Jenar yang memimpin sejak awal babak pertama lewat sontekan Gali Freitas.

PSIS membuka serangan melalui Fredyan Wahyu Sugiyantoro di menit ke-8. Bek kanan Mahesa Jenar melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti tapi masih melesat.

Tuan rumah akhirnya sukses mencetak gol saat pertandingan berlangsung 16 menit. Penjaga gawang Dewa United, Sonny Stevens gagal menangkap bola sepakan Taisei Marukawa dan langsung disambar Gali Freitas untuk membawa PSIS memimpin 1-0.

Tim tamu sempat mendapatkan peluang emas di akhir babak pertama melalui sundulan Dimitrios Kolovos memanfaatkan umpan Ady Setiawan. Namun bola melebar di sisi kanan gawang Adi Satryo.

Di babak kedua, Dewa United lebih banyak menghasilkan peluang, salah satunya melalui Ahmad Nufiandani. Percobaan mantan pemain PSIS di menit 53 itu masih bisa ditepis Adi Satryo.

Risto Mitrevski nyaris mencetak gol penyeimbang di menit ke-64. Meneruskan umpan Ady Setiawan, kapten Dewa United mengecoh Taisei Marukawa dan melepaskan tendangan dari jarak dekat yang lagi-lagi dimentahkan oleh Adi Satryo.

Mitrevski kembali menghadirkan ancaman di menit ke-77 melalui sepakan dari luar kotak penalti. Namun Adi Satryo sigap menghalau bola.

Lucas Gama melewatkan kesempatan menambah keunggulan tuan rumah di menit 88. Menerima sodoran dari Septian David Maulana, bek PSIS lolos dan tinggal berhadapan dengan kiper, namun eksekusinya melebar di sisi kanan gawang.

Sonny Stevens membayar kesalahannya dengan mencetak gol di menit ke-90+2. Kiper berpaspor Belanda itu memaksimalkan sepak pojok Egy Maulana Vikri dan sukses mengirim bola ke pojok kiri gawang untuk menghindarkan timnya dari kekalahan.

Hasil imbang ini menjadi kerugian bagi PSIS Semarang dalam upaya menjauhkan dari pesaingnya di empat besar, Persib Bandung dan Bali United. Septian David Maulana dkk untuk sementara masih menempati posisi runner-up dengan poin 43 dari 25 pertandingan.

Namun, posisi mereka rawan digusur Persib dan Bali United yang sama-sama mengemas 41 poin dari 24 laga.

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Adi Satryo–Fredyan Wahyu Sugiyantoro, Ahmad Syiha Buddin, Lucas Gama, Haykal Alhafiz; Alfeandra Dewangga, Boubakary Diarra; Paulo Gali Freitas, Taisei Marukawa, Riyan Ardiansyah; Septian David Maulana
Dewa United: Sonny Stevens–Ady Setiawan, Risto Mitrevski, Brian Fatari, Alta Ballah; Theo Fillo Numberi, Dimitrios Kolovos; Egy Maulana Vikri, Rangga Muslim, Jose Porteria; Alex Martins
(*)
Tri Wuryono