in

Presiden Jokowi Sholat Idul Adha di Semarang, Mbak Ita Sebut Ini Jadi Penyemangat Bagi Masyarakat

SEMARANG (jatengotday.com) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana Jokowi menunaikan Sholat Idul Adha di Simpanglima, Kota Semarang, pada Senin (17/6/2024).

Bertindak sebagai khatib Sholat Idul Adha adalah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari yang menyampaikan khotbah bertema ‘Qurban Sebagai Ujian Keimanan’. Sementara KH Zaenuri Ahmad Al Hafidz selaku pengasuh Pondok Pesantren Nurul Quran Semarang ditunjuk sebagai Imam Sholat.

Hadir pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, selain itu ada juga Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana dan jajaran Forkompinda Jawa Tengah.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu juga hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Semarang, Alwin Basri dan ikut menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyerahkan bantuan kemasyarakatan berupa satu ekor sapi jenis Simental seberat 1,25 ton di Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

Sapi tersebut secara langsung diserahkan kepada Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Ahmad Darodji.

“Kami sangat berbahagia. Terima kasih kami sampaikan mewakili masyarakat dan berdoa agar beliau (Jokowi-red) diparingi rahmat oleh Allah SWT,” ujar Darodji.

Darodji menyebut proses penyembelihan nantinya akan berlangsung di Islamic Center Semarang pada Selasa (18/6).

“Karena di sini ruangannya sangat terbatas, dan nantinya itu ada 20 ekor sapi. Termasuk sapi dari Pak Jokowi. Nanti juga ada 50 kambing yang disembelih. Sehingga tidak bisa menyembelih di sini, tapi di Islamic Center. Jadi penyerahan di sini penyembelihannya di sana,” papar dia.

Untuk distribusi, Darodji mengaku telah mengatur sedemikian rupa. “Ada yang untuk yatim piatu, dan juga dibagikan untuk masyarakat di lokasi. Total jumlah kupon 4.500. Untuk masyarakat kurang lebih 1.000 kupon, lainnya untuk lembaga sosial,” terangnya.

Dirinya mengatakan, biasanya hanya mendapatkan kurban sapi dari Gubernur dan Wali Kota Semarang setiap tahunnya, namun baru kali ini mendapatkan sapi dari Presiden RI.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu merasa senang dengan hadirnya Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan Sholat Idul Adha bersama warga di Kota Semarang.

“Alhamdulillah sekali kami mewakili pemerintah Kota Semarang dan juga seluruh masyarakat mengucapkan matur nuwun (terima kasih) kepada bapak Presiden yang sudah Sholat Idul Adha di Simpanglima Kota Semarang,” kata Mbak Ita, sapaannya.

Yang tentunya, lanjut Mbak Ita, menjadi penyemangat dan support bagi masyarakat. Terlebih Presiden RI menyerahkan bantuan sapi seberat 1,25 ton untuk masjid Raya Baiturrahman.

“Bantuan tersebut akan disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Tentunya ini akan menjadi penyemangat, support bagi masyarakat Kota Semarang,” pungkasnya. (*)

Ajie MH.