in

Blusukan di Semarang, Presiden Jokowi Jalan-jalan di Pasar Johar

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pasar Johar Semarang, Rabu (5/1/2022). (ANTARA/ I.C.Senjaya)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Presiden Joko Widodo jalan-jalan di Pasar Johar Semarang, Rabu (5/1/2022) untuk melihat kondisi bangunan cagar budaya yang baru saja selesai direvitalisasi.

Sekria setengah jam, Jokowi didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengecek kondisi dalam Pasar Johar Utara, Tengah, dan Selatan tersebut dan berinteraksi dengan para pedagang.

Dalam sambutannya saat prosesi peresmian Pasar Johar, Jokowi meminta pasar yang telah dibangun dengan biaya APBN tersebut dijaga kebersihan dan keamanannya.

“Saya titip, jaga kebersihan, jaga keamanannya sehingga pasar ini betul-betul menjadi pasar yang bersih, rapi, tertata, dan tidak jadi pasar yang kotor dan bau,” katanya.

Baca Juga: Rangkaian Kunker Jokowi di Jateng, Tinjau Pasar, Bagi Sembako hingga Cek Vaksinasi Anak

Presiden Jokowi juga berharap pasar yang sudah bagus dan rapi ini akan menjadi pasar yang ramai.

“Mengembalikan kejayaan Pasar Johar masa lalu dan sebagai landmark Kota Semarang,” tambahnya.

Diaktakan, pasar yang ramai menandakan ada pergerakan ekonomi masyarakat dengan transaksi dan aktivitas jual beli yang menggerakkan rantai ekonomi rakyat.

Baca Juga: Bendungan Randugunting Diresmikan, Ditarget Mengairi 650 Hektare Sawah

Revitalisasi dengan menjadi pasar yang lebih bersih, modern, dan tertata tersebut, kata dia, tidak membuat kaidah Johar sebagai bangunan cagar budaya menjadi terganggu.

Pasar Johar Utara dan Tengah dibangun dengan biaya Rp 146 miliar, sementara Pasar Johar Selatan dibangun dengan biaya Rp1 03 miliar.

Untuk meningkatkan daya tampung pedagang, dibangun Pasar Kanjengan yang masih berada dalam satu kawasan dengan anggaran Rp 20,3 miliar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *