in

Pokja Kampung KB Mukti Rahayu Desa Undaan Lor Ajarkan Pemanfaatan Barang Bekas

Pelatihan ini diharapkan dapat mengurangi pembuangan sampah plastik di masyarakat.

DEMAK (jatengtoday.com)- Kampung KB merupakan salah satu bentuk/model miniatur pelaksanaan total program BanggaKencana secara utuh yang melibatkan seluruh bidang di lingkungan BKKBN dan bersinergi dengan kementerian/lembaga, mitrakerja, stakeholder instansi terkait sesuai dengan kebutuhan  dan kondisi wilayah setempat.

Kampung KB juga merupakan salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program BanggaKencana (pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana) secara utuh di lapangan.

Salah satunya adalah kegiatan pertemuan Pokja Kampung KB Desa Undaan Lor Kecamatan Karanganyar beberapa waktu lalu, di Balai Desa Undaan Lor. Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh Bambang Prosidiantoro,SP selaku Kasi Pertahanan Dan Kesejahteraan Keluarga Dinpermades P2KB, BPKB Kecamatan Karanganyar, dan Kader Pokja Kampung KB Desa Undaan Lor.

Skeretaris Desa Undaan Lor Jumono yang juga merupakan salah seorang narasumber mengharapkan pokja kampung KB dapat melaksanakan kegiatan sesuai tugas dan fungsinya. Terutama fungsi kasih sayang dengan ikut membantu KIE mempercepat vaksinasi.

Ditambahkan oleh Jumoro, bahwa sebagai desa yang juga Kampung KB, Jumoro mengharapkan masyarakat yang lebih kreatif, serta turut serta mengevaluasi kegiatan kegiatan yang sudah ada.

Selain itu pada pertemuan kali ini juga diberikan keterampilan oleh Umi Kalsum dari seksi pendidikan, yaitu pengolahan limbah sampah plastik menjadi tanaman hias.

Pelatihan ini diharapkan dapat mengurangi pembuangan sampah plastik di masyarakat untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan menjadi barang yang lebih berharga dan memiliki daya jual guna membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kepala Dinpermades P2KB Kabupaten Demak Drs. Taufik Rifa’I, M.SI melalui Kabid P2PP Dinpermades P2KB Demak, Sukarjo, SKM, M.Kes menyampaikan tentang keberhasilan UPPKS Nidas yang sudah masuk dalam katalog Katrina. UPPKS sendiri adalah Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) merupakan suatu kegiatan ekonomi produktif yang berusaha meningkatkan pendapatan yang dilakukan oleh keluarga sejahtera secara berkelompok dilingkungan masyarakat yang sederhana.

Sedangkan Dra. Muji Hastuti selaku Koordinator Balai KB Kecamatan Karanganyar menambahkan bahwa pencapaian KB di Desa Undaan Lor berada di posisi ke dua tingkat Kecamatan Karanganyar. Harapannya desa Undaan lor bisa meningkatkan pencapaian Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

“Selain itu kegiatan pokja kampung KB ini juga untuk mengupayakan potensi di wilayah Desa Undaan Lor harus tetap berkreasi seperti memanfaatkan limbah plastik yang ada di lingkungan sekitar, sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi serta dapat menjaga kebersihan lingkungan. Jadi harapan kami Kampung KB Desa Undaan Lor bisa menjadi Desa percontohan,” pungkasnya. (*)

Ajie MH.